Monday, February 26, 2024
HomePolitikaNasionalJokowi: Pertahanan Kita Tidak Boleh Lagi Jawa-sentris!

Jokowi: Pertahanan Kita Tidak Boleh Lagi Jawa-sentris!

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo saat memberikan pembekalan kepada para Calon Perwira Remaja Akademi TNI dan Polri di Gelanggang Olahraga Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, pada hari Senin (24/7/2017). (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan pada para Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi TNI dan Polri bahwa tugas dan tanggung jawab mereka sangat besar sebagai generasi penerus kepemimpinan masa depan bangsa Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi di hadapan ratusan Capaja di Gelanggang Olahraga (GOR) Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

“Harapan yang ditaruh di pundak kalian semuanya sangat besar dan tuntutan yang diharapkan dari kalian juga sangat banyak. Dan tugas yang diberikan kepada kalian nantinya juga bukan tugas yang ringan,” ungkap Jokowi, Senin (24/7/2017).

Jokowi juga berharap agar para Capaja bisa berpikir strategis dalam mengantisipasi segala bentuk ancaman yang akan mengalami perubahan di masa mendatang.

“Terutama pertahanan negara kita tidak lagi bisa Jawa-sentris, harus diubah semua menjadi Indonesia-sentris. Implementasinya seperti apa? Ini yang harus disiapkan dan direncanakan. Kalau tidak ya kita akan ditinggal,” tegas mantan walikota Solo itu.

Selain itu, Jokowi juga meminta pihak TNI dan Polri untuk mengubah pola pikir dalam menghadapi perubahan bentuk-bentuk ancaman tersebut. Sebab, menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, bisa saja di masa yang akan datang perang bukan lagi serupa dengan perang konvensional yang selama ini dikenal.

“Apakah diperlukan misalnya untuk ancaman-ancaman yang ada seperti cybersecurity dan drone yang paling canggih untuk memantau perbatasan kita,” ujar Jokowi dengan nada tanya.

Capaja TNI dan Polri juga disebut Presiden harus mampu berkomunikasi dengan masyarakat, yang ke depannya akan didominasi oleh generasi muda dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Bisa lewat Facebook, atau membuat vlog, Instagram, Twitter. Cara menyampaikannya sekarang sudah lewat itu (media sosial),” ujar Jokowi yang memang sudah akrab dengan platform media sosial tersebut dan aktif sekali berkomunikasi dengannya untuk menyapa masyarakat.

Terakhir, Jokowi berharap Capaja Akademi TNI dan Polri Tahun 2017 dapat menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik sehingga memberikan manfaat nyata bagi keluarga, bangsa, dan negara.

“Saya berpesan kalian harus terus menjadi kebanggaan orang tua, keluarga, dan negara kita, Indonesia. Jadilah perwira-perwira yang dicintai seluruh rakyat Indonesia,” pungkas Jokowi kepada para Capaja yang akan dilantiknya besok di Istana Kepresidenan itu.

(bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular