Thursday, March 23, 2023
HomeEkonomikaYLKI: Pemerintah Harus Audit SDM Lion Air Group

YLKI: Pemerintah Harus Audit SDM Lion Air Group

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi.
Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi.

JAKARTA РKetua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menyesalkan terjadinya aksi mogok para pilot Lion Air Group hari ini, Selasa (10/5/2016). Hal tersebut menurut Tulus jelas merugikan konsumen. Karenanya, ia mendesak Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memberikan teguran sekeras-kerasnya pada pihak manajemen Lion Air Group.

“Wajib ditegur keras ini, karena peristiwa ini jelas menelantarkan konsumen, apapun alasannya,” ujar Tulus dengan nada tegas, Selasa (10/5/2016).

Selain itu, YLKI mendesak pula manajemen Lion Air Group untuk memberikan kompensasi yang setimpal atas kerugian yanh diderita konsumen akibat aksi mogok ini. “Jadi bukan hanya sekadar memberikan kue atau makanan, tetapi juga refund tiket, hotel, dan lainnya sesuai dengan regulasi yang ada,” imbuhnya.

Peristiwa yang kerap menimpa manajemen Lion Air Group ini, seharusnya membuat Pemerintah bercermin diri agar idak jor-joran dalam memberikan ijin operasional pada Lion, seperti membuka rute baru, menambah jadwal baru, termasuk menambah pesawat baru.

“Pemerintah harus mengaudit kapasitas sumber daya Lion, terutama pilot dan crew yang lain. Bahkan kalau perlu pidanakan pilot yang mogok dan cabut izin terbangnya, karena aksi mogok bisa berdimensi terhadap keselamatan penerbangan. Mogok merupakan wujud malpraktek profesi pilot,” pungkasnya.

(bm/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular