Sunday, December 4, 2022
HomePolitikaPITA DKI Jakarta: Kasus Kalideres Jadi Momentum Bangun Kepedulian Sosial!

PITA DKI Jakarta: Kasus Kalideres Jadi Momentum Bangun Kepedulian Sosial!

JAKARTA – Ketua PW Pemuda Cinta Tanah Air DKI Jakarta, Bahri Hasibuan menyoroti kasus yang sedang ramai di wilayah Kalideres dimana satu keluarga mati kelaparan berdasarkan hasil Tim Dokter Forensik Rumah Sakit Polri Keramat Jati.

Menurut Bahri kejadian tersebut memang menjadi tamparan bagi Pemerintah Kota Jakarta Barat beserta jajarannya seperti Kecamatan dan Kelurahan. Tetapi apakah betul penyebabnya karena kelaparan perlu tindak lanjut lebih dan tidak boleh tergesa-gesa.

“Hemat saya terkait kasus ini kita Harus menunggu hasil yang lebih lanjut, karena tidak bisa juga kita langsung menyatakan kematian ini disebabkan murni dari kelaparan. Apabila dilihat dari kondisi lingkungan tempat tinggalnya bisa dinilai secara ekonomi bukan disebabkan karena mati karena kelaparan bisa jadi ada motif lain,” ujarnya pada media ini, Sabtu (12/11/2022).

Lebih lanjut, menurut Bahri terkait kasus ini tidak perlu ada pihak yang perlu disalahkan, namun tetap harus menjadi bahan evaluasi bagi Pemerintah Kota Jakarta Barat agar hal seperti ini tidak terulang lagi.

“Sebagai bentuk evaluasi, saya rasa sudah saatnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belajar dari kasus seperti ini untuk segera merumuskan solusinya misalnya membentuk kepedulian sosial dengan pertemuan rutin di lingkungan RT dan RW. Bisa juga dengan saling sapa atau saling kunjung yang dikordinir pihak RT atau RW. Karena tidak seharusnya kematian karena kelaparan (jika benar, red.) terjadi di kota besar seperti Jakarta,”

Menurut Bahri, di tengah hiruk pikuk Jakarta sebagai kota megapolitan maka kepedulian sosial penting dijaga dan dirawat secara rutin tanpa perlu seremonial. Karena dengan kepedulian itu maka keadaan terkini tetangga di lingkungan sekitar dapat diketahui dan apabila membutuhkan bantuan atau pertolongan dapat dilakukan langkah antisipatif segera.

(ep/bus/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular