Berita Terpercaya Tajam Terkini

Cluster Covid-19 Baru Pasca Lebaran, Ini Kata Epidemiolog Unair

0
Pakar epidemiologi FKM Unair, Laura Navika Yamani.

 

SURABAYA – Hampir dua pekan pasca Lebaran mulai bermunculan kluster-kluster baru Covid-19. Saat ini mulai terjadi lonjakan kasus positif sebagaimana dicatatkan oleh Satgas Covid-19. Bagaimana pakar epidemiologi melihat fenomena ini?

Untuk menjawabnya, tim redaksi cakrawarta.com menghubungi pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair) Laura Navika Yamani. Menurut Laura fenomena kenaikan kasus positif tersebut belum dapat dipastikan sebagai dampak dari lebaran.

“Tapi yang bisa kita amati. Kasus harian sudah di angka 5.000an yang artinya ini diprediksi akan terjadi peningkatan ke depannya. Tapi apakah karena lebaran, itu perlu penelitian lebih lanjut,” ujar Laura, Minggu (23/5/2021).

Karenanya, Laura berharap pemerintah dapat mempersiapkan dan mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus yang lebih besar dengan cara melakukan testing dan tracing yang masif. Selain itu juga, penting, menurut Laura, untuk mengidentifikasi lonjakan kasus yang mungkin terjadi selain disebabkan mobilitas masyarakat yang tinggi saat lebaran, bisa juga karena dampak mutasi virus yang ada.

“Karenanya pemerintah harus fokus juga dalam peningkatan pemeriksaan whole-genome dari virus untuk mengidentifikasi kemungkinan mutasi yang muncul. Jangan tak hanya berkutat di kampanye Prokes saja tetapi riset soal mutasinya juga perlu ditingkatkan,” pungkas Laura.

(bus/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.