Monday, July 15, 2024
spot_img
HomeInternasionalPKPU Akan Salurkan Bantuan Langsung Ke Suriah

PKPU Akan Salurkan Bantuan Langsung Ke Suriah

Pemboman sebuah perkampungan sipil di Suriah. (Foto: Al-jazeera)
Pemboman sebuah perkampungan sipil di Suriah. (Foto: Al-jazeera)

JAKARTA – Konflik yang terjadi di Suriah tak kunjung menemui titik terang. Terlepas dari banyaknya kritik dan suara penolakan publik dunia, perang terus saja berkobar. Aleppo, awalnya adalah sebuah kota industri paling sibuk di Suriah dan sejak konflik pecah justru merusak perekonomian Suriah secara signifikan, dan juga memicu bencana kemanusiaan. Banyak warga sipil menjadi korban khususnya wanita dan anak-anak.

Menurut Agung Notowiguno, Presiden Direktur PKPU, sebuah lembaga kemanusiaan nasional yang kerap aktif terlibat membantu korban konflik di pentas dunia, mengutip data UNHCR (United Nations High Commisioner for Refugees) sebuah lembaga milik PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) khusus bidang pengungsi di dunia sampai saat ini terdapat 6,6 juta warga Suriah terusir dari rumah mereka sendiri. Sementara itu, lebih dari 4,8 juta warga Suriah lainnya melarikan diri dan mencari perlindungan di negara lain termasuk Turki dan negara-negara Eropa.

Menurut Agung, lembaganya sudah melakukan aksi sosial di Suriah sejak 2013 lalu. Direncanakan dalam waktu dekat ini, PKPU juga akan melanjutkan aksi kemanusiaannya di Suriah dengan menurunkan tim khusus untuk menyalurkan langsung bantuan bagi para korban konflik di Aleppo.

“Misi kemanusiaan ini merupakan bagian dari tanggung jawab PKPU sebagai lembaga kemanusiaan yang konsen terhadap permasalahan-permasalahan kemanusiaan baik di tingkat nasional maupun internasional. Apalagi kita merupakan bagian dari komunitas internasional yang harus saling membantu. Sehingga misi kemanusiaan ini sebenarnya adalah tanggung jawab kita bersama untuk meringankan beban dan kesulitan bagi mereka yang sedang mengalami musibah konflik kemanusiaan ini,” ujar Agung Notowiguno selaku Presiden Direktur PKPU, Senin (9/5/2016).

Untuk diketahui, dalam penyaluran kali ini, PKPU akan menyalurkan bantuan berupa kebutuhan dasar bagi para korban. Ke depannya, PKPU akan melakukan program berkelanjutan yang akan bekerjasama dengan IHH (Insani Yahdim Vakti), sebuah lembaga kemanusiaan di Turki berupa layanan kesehatan gratis dan Mobile Kitchen. Dalam pelaksanaannya itu, menurut Agung diperkirakan membutuhkan dana sekitar 3 sampai 5 miliar rupiah.

“Bagi anda yang tergerak untuk membantu Suriah, dapat disalurkan via rekening an.PKPU sebagai berikut BCA 513.005.6018, ada pula rekening Mandiri 140.000.122.0921 dan setelah bisa melakukan konfirmasi melalui layanan pesan singkat di 085606521000,” pungkasnya.

(bm/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular