Tokoh Asal Maluku Utara Ini Hadiahi Ganjar Baju Adat Tobelo

0
Tokoh adat sekaligus tokoh pemuda Tobelo, Maluku Utara Toni Pulo  (baju putih) menyambangi kediaman rumah dinas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Sabtu (11/9/2021) malam. Toni mewakili masyarakat Tobelo mengapresiasi Ganjar yang selalu rajin memakai baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Bentuk apresiasi tersebut adalah pemberian satu set baju adat Tobelo. (foto: istimewa)

 

SEMARANG – Tokoh adat sekaligus tokoh pemuda Tobelo, Maluku Utara bernama Toni Pulo menyambangi kediaman rumah dinas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Sabtu (11/9/2021) malam.

Bukan tanpa alasan, Toni datang untuk menyerahkan secara langsung hadiah berupa baju adat dari masyarakat adat di Tobelo kepada Ganjar karena dianggap sebagai tokoh nasional yang peduli pada budaya dan adat istiadat.

“Ini saya menyampaikan titipan dari masyarakat Tobelo. Saya diminta menyerahkan langsung ke pak Ganjar,” kata Toni usai bertemu Ganjar.

Toni menyebut dalam beberapa kesempatan, Ganjar kerap tampil dengan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.

“Beliau tokoh yang sangat peduli pada budaya dan adat istiadat. Maka saya diminta warga di Tobelo menyerahkan langsung baju adat ini ke beliau. Sebagai sebuah penghargaan, atas kepedulian beliau itu,” ungkapnya.

Ia mengaku sering melihat Ganjar memakai pakaian adat nusantara. Saat memakai itu, Ganjar terlihat sangat pantas dan terlihat berwibawa.

“Mungkin beliau memakainya dengan sepenuh hati, makanya pas sekali,” ujarnya.

Selain itu, Toni menyebut Gubernur Ganjar menjadi tokoh nasional pertama yang memiliki baju adat Tobelo.

“Ini tokoh nasional pertama yang kami berikan baju adat Tobelo,” tuturnya.

Toni berharap, ketika baju adat Tobelo dikenakan Ganjar, maka baju adat Tobelo itu bisa dikenal masyarakat. Sebab Ganjar dinilai sebagai tokoh nasional yang memiliki banyak penggemar.

“Selain itu, beliau juga punya karier politik yang lebih baik ke depan. Kami berharap, perhatian beliau pada budaya dan adat istiadat nusantara semakin baik lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampak antusias menerima hadiah itu. Ganjar pun mengucapkan terima kasih dan langsung mencoba baju adat lengkap dengan ikat kepala dan selempang yang diberikan itu.

“Bagus sekali pak, pas dengan ukuran saya,” kata Ganjar semringah.

“Terima kasih banyak. Sampaikan terima kasih saya kepada masyarakat di Tobelo,” lanjutnya.

(nad/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.