Thursday, December 1, 2022
HomeSosial BudayaKirab Agung Budaya Nusantara, Inilah Pesan Pelaku Budaya di Ultah Majapahit Ke-729

Kirab Agung Budaya Nusantara, Inilah Pesan Pelaku Budaya di Ultah Majapahit Ke-729

TROWULAN -Ratusan pelaku seni dan budaya nusantara dari beberapa komunitas pelaku budaya Jawa, tumpah ruah mengikuti Kirab Agung Budaya Nusantara dalam memperingati hari ulang tahun (ultah) Majapahit yang ke-729 tahun, Sabtu (19/11/2022).

M. As’ad, Jupel Siti Inggil Trowulan Mojokerto mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Majapahit untuk membangkitkan semangat keemasan kerajaan Jawa menuju Nuswantoro bangkit kembali.

“Tidak hanya itu masyarakat desa setempat mengelar doa bersama untuk mengenang meninggalnya raja Jaya Wijaya atau Raden Wijaya,” ujarnya dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (21/11/2022) dini hari.

Menurutnya, besarnya Kerajaan Majapahit yang hingga saat ini menghilang seperti ditelan bumi, dibuktikan pada masanya pernah memukul mundur pasukan Kaisar Kubilai Khan yang sudah menguasai separuh daratan di dunia, dengan mudah dihadang oleh pasukan Majapahit keluar dari tanah jawa saat pasukan Mongol melakukan invasi untuk menguasai jawa.

Sementara itu, Bagus Pamungkas, budayawan muda Trowulan Mojokerto menuturkan bahwa kirab tersebut diharapkan supaya masyarakat lebih mengerti makna yang terkandung, salah satunya tonggak awal kejayaan masa keemasan Majapahit.

“Kita tahu sendiri sejarahnya seperti apa tetapi kemajuan kebudayaan yang ada di Trowulan diharapkan dapat membawa spirit baru untuk bisa membawa kejayaan ke masa depan,” ujar Bagus.

Kebetulan, lanjut Bagus, ulang tahun Majapahit kalau hitungan angkanya ketemu 10 November jadi setiap bulan November itu menjadi bulan Majapahit. Kirab budaya dimulai dari kompleks makam Raja Majapahit Raden Wijaya, Siti Inggil menuju Pendapa Agung Trowulan dengan berjalan kaki. Yang bertujuan ingin menunjukkan kejayaan Majapahit dan keberadaan budaya pada masa sekarang ini.

“Pertemuan peratusan pelaku budaya, pemerhati budaya, pelestari budaya yang ada di Mojokerto. Dan kegiatan ini murni karena ketulusan hati gugahan jiwa yang ada di dalam hati kita semua,” tutur Bagus.

Sebagai putra lokal asli Trowulan, Bagus memaparkan dimana kegiatan tersebut diharapkan menjadi embrio semangat baru untuk generasi milenial supaya mereka mengenal tentang budayanya, yang fleksibel dapat masuk ke anak-anak muda.

“Supaya mereka tertarik dan terjun dan ketika mereka sudah mencintai apa itu makna budaya yang memberi pesan dan kesan pada milenial untuk lebih mencintai budaya, dan mengambil makna karena sejarah hanya akan menjadi dogma jika dibaca dengan cara yang biasa,” tegas Bagus.

Lanskap Kirab Agung Budaya Nusantara dalam memperingati hari ulang tahun (ultah) Majapahit yang ke-729 tahun di Trowulan Mojokerto pada Sabtu (19/11/2022). Nampak hasil bumi juga ikut dalam kirab dan dijaga oleh pelaku budaya Jawa yang mengiringi dengan busana dominan hitam. (foto: istimewa)

Sementara kitu, pelaku budaya Mojokerto lainnya, Gus Khoirul Anam mengatakan bahwa budaya yang digelar pelaku pelestari budaya dalam mewujudkan semangat atau spirit Majapahit menuju kejayaan Nusantara, jangan dikotori dengan kepentingan. “Jangan sampai ada unsur-unsur kepentingan politik dari kalangan manapun,” tukasnya.

Diharapkan adanya acara kirab dapat menampung dan menyatukan seluruh budayawan mulai dari bawah sampai dari yang paling atas.

“Intinya seluruh temen-temen budaya dari Mojokerto khususnya dan mungkin dari luar Mojokerto bisa lebih guyub lagi. Serta kirab Majapahit menjadi program kegiatan rutin setiap tahun,” pungkasnya didampingi pelaku budaya lain seperti Gus Basuni, Gus Yudhi, Gus Tony Eko, dan beberapa rekan budayawan lainnya.

Untuk diketahui, tidak hanya berjalan lancar dan sukses, kirab budaya yang dilakukan para budayawan dengan mengenakan busana warna hitam dalam HUT Majapahit ke-729 tersebut, sajian seni dan budaya juga ditampilkan, seperti tari barong dan bantengan. Termasuk beragam sesajen atau sesaji hasil bumi bentuk gunungan tumpeng.

(hal/bus/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular