Tuesday, June 25, 2024
spot_img
HomeInternasionalKerjasama Kemenlu dan Kemendagri Akan Launching Awal 2016

Kerjasama Kemenlu dan Kemendagri Akan Launching Awal 2016

Direktur Perlindungan WNI Kemenlu, Lalu Muhammad Iqbal.
Direktur Perlindungan WNI Kemenlu, Lalu Muhammad Iqbal.

JAKARTA – Upaya menggarapa daerah perbatasan terutama terkait perlindungan WNI di negara yang berbatasan dengan Indonesia seperti Malaysia tengah dimatangkan antara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Direktur Perlindungan WNI Kemenlu, Lalu Muhammad Iqbal menjelaskan lebih rinci terkait kerjasama tersebut. Kerjasama Kemenlu dan Kemendagri diakuinya adalah sebuah mekanisme yang sedang diuji coba. Tujuannya yakni perlindungan WNI yang bersinergi dengan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Saat ini program perlindungan TKI itu sudah diinisiasi oleh BNP2TKI.

“Ada mekanisme yang sedang di-trial dan mengarah pada pemberdayaan TKI di poros perbatasan, programnya sendiri sudah diinisiasi oleh BNP2TKI di bawah Menko PMK,” kata Iqbal saat ditemui di kantornya, Senin (28/12).

Kerjasama tersebut menjadi penting menurut Iqbal sebagai bukti negara hadir untuk melindungi setiap warga negaranya. Mengingat, sangat banyak masyarakat di perbatasan khususnya dengan Malaysia yang menjadi TKI karena bekerja, baik sebagai tenaga ahli atau hanya pekerja kebun sawit. “Pemerintah akan me-launching program lintas Kementerian ini di Nunukan, pada awal 2016,” imbuhnya.

Sementara, kegiatan perlindungan sengaja difokuskan pada perbatasan RI dengan Malaysia. Kedepan, pemerintah akan mulai menyentuh daerah yang berbatasan langsung dengan negara lain, seperti Papua dan lainnya.

“Ini satu-satu kita cover, arahnya ke depan akan menyeluruh,” tegas Iqbal menutup perbincangan.

(msa/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular