Friday, March 29, 2024
HomeHukumKAMMI Minta MK Adil dan Transparan Dalam Sidang Sengketa Pilpres 2019

KAMMI Minta MK Adil dan Transparan Dalam Sidang Sengketa Pilpres 2019

Ketua Umum Pengurus Pusat KAMMI, Irfan Ahmad Fauzi.

 

JAKARTA – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) meminta Mahkamah Konstitusi (MK) untuk adil dan transparan dalam menyelesaikan sengketa Pemilihan Presiden 2019 dalam sidang yang sudah berlangsung sejak beberapa hari ini.

“MK harus menjalankan persidangan dengan cara yang adil dan transparan. Agar putusan MK nantinya benar-benar keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan keadilannya,” kata Ketua Pengurus Pusat KAMMI Irfan Ahmad Fauzi kepada awak media, hari ini, Kamis (20/6/2019).

Irfan khawatir jika nantinya keputusan MK tersebut tidak mampu memberi rasa keadilan kepada masyarakat, maka akan menjadi preseden yang buruk bagi penyelesaian sengketa pemilu di Indonesia.

“Jika MK tidak bisa memenuhi rasa keadilan masyarakat, kami khawatir masalah sengketa pilpres ini akan diselesaikan oleh sebagian pihak dengan cara-cara yang inkonstitusional, tentu ini akan menjadi masalah di kemudian hari,” papar Irfan.

“Apalagi persidangan MK ini menjadi sorotan banyak pihak. Sangat riskan apabila ada kesan MK terlihat memihak kepada salah satu calon, bisa-bisa rakyat jadi hilang kendali dan berlaku anarkis,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemantau Pemilu KAMMI Fadly Idris meminta kepada masyarakat agar tetap mempercayai integritas MK sebagai lembaga yang diamanahkan UU untuk menyelesaikan sengketa pemilihan presiden.

“Kami berharap seluruh komponen masyarakat ikut serta menjaga kedamaian di tengah-tengah berlangsungnya persidangan sengketa pilpres ini. Jangan sampai ada aksi-aksi anarkis yang dapat merugikan kita semuanya sebagai sebuah bangsa dan negara,” ujar Fadly.

(ah/bti)

RELATED ARTICLES

Most Popular