Wednesday, February 21, 2024
HomePolitikaCegah Kartu Suara Pemilu Rusak Akibat Hujan, Begini Langkah Danrem 081/DSJ

Cegah Kartu Suara Pemilu Rusak Akibat Hujan, Begini Langkah Danrem 081/DSJ

Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono saat memberikan arahan pada Dandim jajarannya melalui Video Conference di Makorem, Madiun, Senin (12/2/2024). (foto: arwang)

MADIUN – Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono memerintahkan para Dandim di jajarannya untuk berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu guna mengamankan kartu suara supaya Pemilu 2024 dapat berjalan aman dan lancar.

“Saat ini musim penghujan, apabila masih ada TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang masih menggunakan tenda agar dikoordinasikan dengan KPU dan Bawaslu supaya dipindahkan ke bangunan rumah warga atau gedung untuk mencegah terjadinya kerusakan kartu suara akibat hujan,” kata Danrem melalui Vicon kepada para Dandim di jajarannya, Senin (12/2/2024).

“Sebelumnya tanyakan juga kepada mereka (KPU dan Bawaslu, jika pada pelaksanaan pencoblosan di tenda ada kartu suara yang rusak akibat hujan, siapa yang bertanggung jawab?” imbuhnya.

Lanjut dalam arahannya, Danrem juga mengingatkan tentang pentingnya mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai. Untuk itu, ia memerintahkan agar terus berupaya menjaga dan meningkatkan kondusivitas wilayah.

“Laksanakan patroli secara bersinergi dengan aparat keamanan lainnya untuk mengantisipasi pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang ingin mengganggu pelaksanaan Pemilu,” ujarnya.

“Patroli lakukan selama 24 jam penuh. Atur anggota secara bergiliran untuk melaksanakan patroli,” tegasnya.

Lebih dari itu, Danrem juga menekankan untuk terus memegang teguh netralitas selama proses pelaksanaan Pemilu 2024.

“Meski seluruh anggota sudah paham tentang netralitas, tapi tetap tekankan terus. Jangan sampai ada yang melanggar dan mencoreng nama baik institusi,” tutupnya.

(arwang/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular