Friday, May 24, 2024
HomeEkonomikaNasionalPuan: Dana Desa Dicairkan Jika Desa Siap

Puan: Dana Desa Dicairkan Jika Desa Siap

Menko PMK, Puan Maharani.
Menko PMK, Puan Maharani.

JAKARTA -Penyerapan dana desa sebesar Rp 20,7 triliun yang dibagikan untuk 74 ribu desa di Indonesia masih menemui hambatan terutama kepala desa (kades) yang enggan melakukan penyerapan. Karena itu, pemerintah juga belum mencairkan keseluruhan dana desa yang tersedia.

Hal tersebut diungkapkan Menko PMK, Puan Maharani di acara “Pelatihan Bagi Pelatih dan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Bagi Aparatur Kab/Kota Seluruh Indonesia”. Puan menjelaskan, pihaknya saat ini tengah menunggu kesiapan aparatur desa dalam menjalankan tugas. Khususnya mengelola dana untuk mensejahterakan rakyat di pedesaan.

“Masalahnya bukan tidak ada anggarannya tapi kalau tidak ada penyerapan ya gimana. Ini akan diberikan setelah desa siap,” ujar Puan

Untuk menuju kesiapan desa itu, Puan mengatakan, kementerian yang dipimpinnya kini tengah bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dalam acara itu pula, sudah ada ratusan pegawai negeri sipil yang bertugas di desa dan tengah dilatih dari 14 September lalu hingga 20 September mendatang. Tujuannya, agar ada kesadaran penuh aparatur desa dalam mengelola dana, sehingga terbentuk peta desaa sesuaai kemampuan mereka.

“Melatih perangkat pendamping desa, dimana kami menyadari adanya ini pelatihan untuk mendampingi pendamping desa supaya menggunakan dana desa dengan baik. Targetnyaa gimana semua desa bisa terukur, mana desa yang sudah mandiri, setengah mandiri, desa yang harus kita bantu. Itu jadi PR (Pekerjaaan Rumah),” pungkas Puan.

(msa/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular