Monday, February 26, 2024
HomePolitikaNasionalMahasiswi UB Raih Juara 1 Lomba Presenter HUT Antara Ke-86

Mahasiswi UB Raih Juara 1 Lomba Presenter HUT Antara Ke-86

Wali Kota Bogor Bima Arya dan Dirut Perum LKBN Antara Akhmad Munir menyerahkan piala dan hadiah kepada Amira Dinda Azzahra (mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Jatim) yang dinobatkan sebagai Juara I Lomba Presenter Tingkat Nasional Memperingati HUT ke-86 LKBN Antara, di Bogor, Sabtu (9/12/2023). (foto: Almansur)

BOGOR – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Dirut Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Akhmad Munir menyerahkan Piala Antara dan hadiah kepada para juara pada babak final Lomba Presenter Tingkat Nasional Memperingati HUT ke-86 Kantor Berita Antara, di Lippo Plaza Ekalokasari Bogor, pada Sabtu (9/12/2023).

Bima Arya dan Akhmad Munir menyerahkan kepada tiga pemenang, masing-masing Juara I Amira Dinda Azzahra (mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur), Juara II Achi Wilfa Inayah (mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember, Jawa Timur), dan Juara III Tariza Sudadih (mahasiswa IAI Nasional Laa Roiba, Bogor, Jawa Barat).

Mereka masing-masing mendapatkan Piala Antara, uang tunai (juara I Rp3 juta, juara II Rp2,5 juta, dan juara III Rp2juta)selempang predikat juara, dan boneka Maskot Kota Bogor, Rubo. Khusus untuk juara I mendapatkan juga satu unit sepeda listrik dari PT IDS Hijaukan Negeri.

Sementara untuk Juara Favorit direbut oleh Kamelia Fazar Rosaeni (mahasiswa Universitas Pasundan, Bandung, Jawa Barat). Piala Antara, uang tunai sebesar Rp1,5 juta, selempang predikat juara, dan Rubo, diserahkan oleh GM PT MNR Kebun Raya Bogor Zaenal Arifin.

Piala untuk Juara Harapan I yang dimenangkan oleh Topaz Filardi Grasinaz (mahasiswa UGM Yogyakarta), Juara Harapan II Krisna Livia (mahasiswa IAI Haji Agus Salim, Bekasi, Jawa Barat), dan Juara Harapan III Herda Putri Winangrum (mahasiswa Stikom Bandung, Jawa Barat), diserahkan oleh Wakil Rektor Univeresitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor Dr Budi Susetyo. Mereka masing-masing mendapatkan Piala Antara, uang tunai (juara harapan I Rp1,25 juta, juara harapan II Rp1 juta), dan juara harapan III Rp750 ribu), selempang predikat juara, dan Rubo.

Para pemenang dinilai, dipilih, dan ditetapkan oleh Dewan Juri yang terdiri atas Saldy N Soerianata (owner Popers.id dan pernah menjadi Produser Senior Seputar Indonesia RCTI0, Nurul Aulia Badar (redaktur Antara), dan Putri Aulia Faradina (PR yang pernah bekerja untuk Kompas TV).

Dari 20 Finalis, yang tampil sebanyak 19 peserta karena salah seorang peserta sakit. Total jumlah peserta yang tercatat untuk Lomba Presenter Tingkat Nasional Memperingati HUT ke-86 Kantor Berita Antara ini berjumlah 196 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum berusia 17-27 tahun dari 22 provinsi. Lomba tingkat nasional yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia ini diselenggarakan atas kerja sama Perum LKBN Antara Biro Penyangga Jakarta, UIKA Bogor, dan Lippo Plaza Ekalokasari Bogor.

Seluruh peserta finalis juga mendapatkan sertifikat dari penyelenggara.

Penyelenggaraan lomba didukung oleh PT Jamkrindo, PT Mitra Natura Raya selaku Pengelola Kebun Raya Bogor, dan sejumlah pihak.

Bima Arya mengatakan profesi presenter perlu memiliki keterampilan komunikasi yang mumpuni, yang tidak semua orang dapat memilikinya.

“Selain harus memiliki standar profesional, juga harus mempunyai passion,” katanya.

Ia mencontohkan presenter Najwa Shihab sebagai presenter ideal karena luas wawasannya, kuat empatinya, dan sensitif perasaannya.

Bima juga menyebut mantan Presiden AS Ronald Reagan sebagai “The Great Communicator” karena mengawali karirnya sebagai penyiar radio, bintang film, hingga Presiden AS. Bima juga menceritakan dirinya pernah berkiprah sebagai penyiar.

Wali Kota Bogor mengapresiasi Kantor Berita Antara yang memiliki kepedulian untuk menggali potensi dari anak-anak muda bangsa untuk berkiprah menjadi presenter melalui penyelenggaraan lomba ini.

Sementara itu Dirut Perum LKBN Antara Akhmad Munir mengatakan bahwa penyelenggaraan lomba ini merupakan bagian dari kontribusi Antara untuk membantu mengembangkan potensi generasi muda untuk menjadi presenter.

Jumlah peserta sebanyak 196 orang dari 22 provinsi dalam Lomba Presenter yang diadakan Kantor Berita Antara ini, merupakan indikasi bahwa presenter merupakan profesi yang diminati oleh generasi muda.

Wakil Rektor UIKA Bogor Dr Budi Susetyo berharap penyelenggaraan Lomba Presenter ini dapat berlangsung secara berkesinambungan karena dapat dirasakan manfaat dan hasilnya dalam menumbuhkembangkan potensi pelajar dan mahasiswa untuk menyampaikan pesan komunikasi secara meluas.

Sejumlah finalis pun menyampaikan cita-citanya untuk menjadi presenter yang baik dan profesional.

(almansur/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular