Berita Terpercaya Tajam Terkini

KOMRAD 98 Ke Kadinkes DKI: Anda Kepala Dinas Kesehatan Ya Bukan Kepala Pemadam Kebakaran!

0
Kadinkes DKI Jakarta
Widyastuti, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta. (foto: istimewa)

 

JAKARTA – Rendahnya partisipasi kelompok lansia dalam program vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta dinilai menjadi tanggung jawab Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti. Lemahnya sosialisasi vaksinasi kepada warga lansia, disinyalir menjadi sebab rendahnya keikutsertaan mereka. Padahal program vaksinasi ini menjadi andalan pemerintah dalam upaya mengendalikan angka positif dan dampak Covid-19. Kritik terhadap kinerja Kadinkes DKI ini datang dari Jaringan Alumni Komite Mahasiswa dan Rakyat untuk Demokrasi (KOMRAD) 98.

“Lemahnya sosialisasi ini diperparah dengan beredarnya informasi hoax terkait vaksin Covid-19. Apalagi temuan kami di beberapa daerah di DKI bahkan tidak ada sosialisasi ke warga lansia baik alat peraga atau penyuluh yang langsung datang ke rumah warga lansia,” ujar Emi Sulyuwati Ketua KOMRAD 98 kepada cakrawarta.com, Senin (22/3/2021) siang.

Adhe -sapaan akrabnya- memaparkan bahwa warga lansia hanya didata oleh RT atau kader dasa wisma, setelah dapat, warga lansia yang terdata mendapat undangan melalui oral untuk diajak ke tempat pelaksanaan vaksin. Tidak ada penjelasan terkait apa itu vaksin Cov id-19, apakah aman untuk lansia, dan bagaimana jika timbul efek samping setelah divaksin.

“Ibu saya sendiri sampai sekarang belum tahu apa manfaatnya vaksin untuk lansia, terus bagaimana jika ada penyakit bawaan, apakah aman atau tidak. Hanya diberitahu jadwal vaksinasinya saja dan diminta datang ke lokasi pelaksanaan vaksin,” cerita Adhe.

Leave A Reply

Your email address will not be published.