Berita Terpercaya Tajam Terkini

YLKI dan KRL Mania Tolak Rencana Penghapusan Tiket Harian di Jabodetabek

0
ilustrasi. (foto: istimewa)

 

JAKARTA – PT Commuter Line Indonesia (KCI) sebagai pengelola KRL di areal Jabodetabek berencana akan mewajibkan tiket KMT (Kartu Multi Trip) di 10 stasiun di Jabodetabek mulai Kamis (25/3/2021). Adapun 10 stasiun tersebut adalah Bojonggede, Citayam, Depok Baru, Depok, Kranji, Bekasi, Jakarta Kota, Tanang Abang, Angke dan Parung Panjang. Dampak dari kebijakan tersebut, maka sama artinya dengan peniadaan tiket harian di stasiun tersebut.

Menanggapi rencana tersebut, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai kebijakan tersebut jika dilihat dari perspektif hak-hak konsume tidak adil, karena memberatkan konsumen.

“Jika ada kebijakan mewajibkan KMT, maka konsumen dengan tiket harian harus mengeluarkan uang minimal Rp 30.000 untuk beli KMT. Sementara masih banyak pengguna lepas KRL, yang tidak membutuhkan KMT, karena hanya sekali-kali saja menggunkan KRL. Ini tidak adil,” ujar Tulus Abadi dalam keterangan tertulisnya kepada awak media, Senin (22/3/2021) siang.

Tulus menambahkan bahwa yang harus adaptif tidak hanya konsumen selaku pengguna, tetapi pihak operator pun harus adaptif dan solutif.

Leave A Reply

Your email address will not be published.