Sunday, December 10, 2023
HomeInternasionalIndonesia Siap Kawal Timor Leste Masuk ASEAN

Indonesia Siap Kawal Timor Leste Masuk ASEAN

download (1)

JAKARTA РMenjelang pertemuan tingkat menteri negara-negara ASEAN di Kuala Lumpur, 1-6 Agustus 2015 nanti, perwakilan Indonesia kembali membawa sejumlah misi penting. Salah satunya yakni isu soal keanggotaan Timor Leste di ASEAN. Demikian dijelaskan Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan, Kementerian Luar Negeri Derry Aman. Menurutnya pertemuan yang akan digelar ssebentar lagi sangatlah tepat untuk mengawal keanggotaan Timor Leste.

“Keanggotaan Timor Leste tetap Indonesia kemukakan. Sudah saatnya ASEAN lebih mempertimbangkan Timor Leste untuk menjadi salah satu anggota ASEAN,” ucap Derry pada awak media di kantor Kementerian Luar Negeri, Kamis (30/7).

Hal ini dilakukan untuk menunjukkan konsistensi Indonesia. Pasalnya, Indonesia adalah negara yang mengajukan Timor Leste menjadi anggota ASEAN.

“Indonesia menekankan terus (keanggotaan Timor Leste), oke kita belum mencapai konsensus, tapi kemudian sudah ada gambaran ke depan apa yang harus kita lakukan,” ujarnya.

Dia menambahkan untuk saat ini, sedang dilakukan studi soal kesiapan Timor Leste. Termasuk kesiapan di bidang politik keamanan, sosial budaya dan ekonomi.

(msa/bti).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular