Sunday, April 21, 2024
HomeEkonomikaNasionalTerlibat Politik Praktis, Kemendagri Minta Publik Segera Lapor

Terlibat Politik Praktis, Kemendagri Minta Publik Segera Lapor

download

JAKARTA – Perhelatan Pilkada Serentak 2015 sudah memasuki tahap pendaftaran calon yang akan berkompetisi. Masyarakat diminta berperan aktif untuk mensukseskan Pilkada serentak tersebut. Peran aktif tersebut bisa dilakukan seperti menjadi wishtle blower bagi para pegawai negeri sipil (PNS) yang terlibat politik praktis saat proses Pilkada Serentak berlangsung. Demikian dijelaskan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Soedarmo, saat berbincang dengan awak media di kantornya, Rabu (29/7).

“Kita membuat edaran untuk melarang setiap PNS untuk ikut kegiatan politik praktis. Kalau ada yang menemukan, tolong laporkan segera,” ujarnya.

Menurut Soedarmo, laporan tersebut nantinya akan ditindaklanjuti oleh pihak Kemendagri. Dirinya telah mengkoordinasikan dengan membentuk tim monitoring yang bertugas mencegah konflik dan juga memproses aduan masyarakat terkait keterlibatan PNS dalam politik praktis.

Kemendagri juga bekerja sama dengan pihak Badan Inteljen Negara (BIN), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk mendampingi tim turun ke lapangan. Masyarakat pun bisa melaporkan adanya dugaan pelanggaran Pilkada pada tim tersebut. Jika ada PNS yang terlibat, sudah pasti oknum tersebut mendapat tambahan sanksi administratif.‎

“Tolong umumkan ini. Jangan main-main dengan aturan itu. Misal PNS ikut kampanye, laporkan ke kita. Bisa juga melalui email.‎ Atau menemukan politik uang, nanti bisa kita teruskan ke yang berwenang. Sedangkan jika pelakunya PNS, kami akan tindak tegas,” tegas Soedarmo.

(msa/bti).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular