Sunday, April 14, 2024
HomeEkonomikaNasionalKelola Dana Desa, Kemendagri Adakan Pelatihan Tata Kelola Keuangan Desa

Kelola Dana Desa, Kemendagri Adakan Pelatihan Tata Kelola Keuangan Desa

images

JAKARTA – Bertempat di Hotel Redtop, Jakarta Pusat pada Rabu (29/7) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar pelatihan tata kelola keuangan dan aset desa kepada 14.000 aparat kecamatan dan 222.279 aparat desa sebagai amanat undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Menurut Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Desa Kemendagri), Nata Irawan, pelatihan diadakan agar aparat desa memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola keuangan dan aset milik desa.

“Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 113 tahun 2014 telah mengatur tata kelola keuangan desa, yaitu sumber-sumber pendapatan desa, cara mendapatkan sumber keuangan desa, cara penggunaan dan mempertanggungjawabkan penggunaan pendapatan desa serta pemanfaatan aset desa. Makanya pelatihan ini diadakan,” jelas Nata Irawan disela Rakornas Bina Pemerintahan Desa di Jakarta, Rabu (29/7).

Menurut Nata Irawan, pelatihan ini juga untuk menjamin bahwa terjadi kepatuhan oleh aparat desa terhadap sistem tata kelola keuangan dan aset desa.

“Seluruh sistem tata kelola keuangan dan aset ini wajib dipatuhi oleh pemerintah desa, karena hanya melalui kepatuhan, terdapat jaminan bahwa pengelolaan keuangan dan aset akan memberikan manfaat bagi pembangunan masyarakat desa,” ujar Nata.

Nata Irawan ingin memastikan pendapatan dan aset desa bisa diserap dan dimanfaatkan dengan baik untuk kemakmuran masyarakat desa diseluruh pelosok negeri.

“Hanya dengan penyiapan aparatur desa dan lembaga kemasyarakatan desa, tata kelola keuangan desa akan terjamin manfaatnya bagi masyarakat. Makanya pelatihan ini diadakan,” pungkasnya.

(msa/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular