Wednesday, April 17, 2024
HomeSosial BudayaIndonesia Alami Lonjakan Kasus DBD, Begini Respon Pakar Paleoantropologi

Indonesia Alami Lonjakan Kasus DBD, Begini Respon Pakar Paleoantropologi

Pakar Paleoantropologi FISIP Unair, Prof. Dr. Phil Toetik Koesbardiati, DFM, PA(k). (foto: dokumen Unair)

Surabaya, – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kembali mengalami lonjakan di Indonesia. Lonjakan ini seringkali terjadi khususnya saat musim hujan. Bahkan, saat ini penyakit DBD telah menjadi kasus Kejadian Luar Biasa (KLB). Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, per tanggal 1 Maret 2024 lalu, terjadi hampir 160.000 kasus DBD di 213 kabupaten dan kota di Indonesia, dan situasi ini diprediksi masih akan terus berlangsung hinnga April 2024 mendatang.

Pakar Paleoantropologi Toetik Koesbardiati, mengatakan bahwa kasus KLB DBD ini terjadi akibat berbagai faktor. Salah satunya adalah letak geografis Indonesia yang menjadikan negara ini sebagai negara tropis.

“Faktor lainnya yang juga memengaruhi adalah perubahan alam, cuaca, dan iklim yang berada di luar kendali manusia,” ujarnya.

“Saat musim hujan tiba, seringkali banyak genangan air yang menjadi tempat berkembangbiaknya larva nyamuk, misalnya pot bunga, talang air, ban bekas, kaleng, botol, plastik, lubang pohon, pelepah, dan lain-lain. Adanya genangan ini menyebabkan terjadinya peningkatan kepadatan populasi nyamuk penular,” jelas Toetik menambahkan.

Karena itulah, Toetik membagikan tips untuk menanggulangi terjadinya DBD di lingkungan tempat tinggal yang diantaranya adalah melakukan pengurasan bak mandi dan wadah penampung seminggu sekali. Toetik juga mengingatkan untuk menjaga kebersihan rumah agar terbebas dari penyakit DBD.

“Kita harus melakukan pengurasan bak mandi dan wadah penampung, minimal seminggu sekali. Hendaknya kita tidak menumpuk atau menggantungkan baju terlalu lama. Selain itu, kita juga bisa menggunakan kasa atau kelambu nyamuk untuk menghindari gigitan,” pungkas Guru Besar Antropologi FISIP Unair itu.

(pkip/mar/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular