Sunday, April 14, 2024
HomePolitikaGerindra: Kekacauan Arus Mudik, Jokowi Mestinya Pecat Jonan

Gerindra: Kekacauan Arus Mudik, Jokowi Mestinya Pecat Jonan

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono.
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono.

JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono menyatakan tragedi jalan tol Brebes Timur merupakan yang paling buruk sepanjang sejarah budaya mudik lebaran di pulau Jawa. Hal tersebut membuktikan ketidakmampuan Pemerintah untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat terutama rakyat kecil.

“Ini bukti kalau Menteri Perhubungan (Menhub) tidak becus mengatur sistem lalu lintas dari sisi infrastruktur yang memberikan rasa nyaman dan rasa aman bagi masyarakat yang mengunakan sarana dan prasarana transportasi,” ujar Arief Poyuono, Jumat (8/7/2016) tengah malam.

Karena itu, menurut Arief pada reshuffle yang diperkirakan akan dilakukan dalam waktu dekat agar Presiden Joko Widodo mencopot Menhub Ignatius Jonan. Hal itu menjadi penting agar kasus seperti di jalan tol Brebes Timur tidak terulang di masa yang akan datang.

“Jonan sebenarnya tidak punya kapasitas sebagai Menhub karena memang latar belakang beliau lebih pada sektor keuangan jadi filosofi berpikirnya akan berbeda dalam menyiapkan sebuah transportasi yang nyaman dan aman,” lanjut Arief.

Terkait kapasitas Jonan tersebut, Arief mencontohkan bagaimana reaksi Jonan yang justru menyalahkan Menteri Pekerjaan Umum (MenPU). Arief menambahkan bahwa Jonan tidak mengerti tentang job description dari MenPU. “PU tidak ada urusannya dengan sistem pengatura n transportasi ,karena izin jalan Tol mulai dari konstruksinya maupun aturan mainnya sebagai moda infrastruktur transportasi itu adalah tanggung jawab Kemenhub,” kata Arief.

Setelah DPR RI mulai bekerja lagi, menurut Arief, Partai Gerindra melalui Komisi V DPR akan memanggil Menhub dan akan meminta pertanggungjawabannya terkait pelaksanaan penanganan arus mudik lebaran 2016.

(bm/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular