Berita Terpercaya Tajam Terkini

Darurat Kesehatan Global, Pakar Minta Masyarakat Periksakan Diri Jika Alami Gejala Mirip Cacar Air

0
MonkeyPox Atau Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan Global
Seorang anak perempuan berusia 3 tahun dengan gejala cacar monyet. Saat ini WHO telah resmi menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. (foto: Marx V. Szczeniowski/WHO)

 

SURABAYA – Sabtu (23/7/2022) waktu setempat, Direktur Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkan secara resmi status cacar monyet (monkeypox) sebagai darurat kesehatan kesehatan global dengan alarm tinggi. Pasalnya, wabah cacar monyet ini telah menyebar di 70 negara sehingga memenuhi syarat sebagai darurat kesehatan global.

Merespon hal tersebut, Epidemiolog Laura Navika Yamani, Ph.D menjelaskan bahwa itu sebagai bentuk kewaspadaan secara global meskipun di Indonesia belum ditemukan kasusnya.

“Ini bagus jadi kita bisa waspada. Mengingat mobilitas manusia saat ini begitu mudahnya, maka sebaran 70 negara itu membuktikan bahwa kasus ini sudah berada dan menyebar di luar negara endemis,” ujar Laura Navika Yamani pada cakrawarta.com, Senin (25/7/2022).

Pengumuman resmi WHO tersebut menurut alumnus Kobe University Jepang itu, harusnya bisa menjadi perhatian masyarakat dan pemerintah terutama terkait kesadaran munculnya gelaja cacar monyet yang merupakan penyakit langka.

“Karena penyebabnya adalah virus monkeypox yang bersifat zoonosis. Gejalanya mirip cacar air yang biasa kita kenal yaitu munculnya bintik-bintik pada kulit,” imbuhnya.

Gejala lain dari cacar monyet menurut Laura adalah demam dan sakit kepala. Dimana penularannya melalui kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus monkeypox.

“Saran saya jika ada masyarakat mengalami atau menemukan gejala mirip cacar air, lebih baik segera diperiksakan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat sehingga bisa mendapatkan penanganan lebih cepat dan mencegah penularan,” pungkas dosen epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga tersebut.

(bus/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.