Wednesday, April 17, 2024
HomeSosial BudayaSastraBank Sinarmas Luncurkan Tabungan SIMPEL Anak Pembaca Aktif TBM Lentera Pustaka

Bank Sinarmas Luncurkan Tabungan SIMPEL Anak Pembaca Aktif TBM Lentera Pustaka

Bank Sinarmas saat meluncurkan “Tabungan SIMPEL (SIMpenan PELajar) kepada 20 anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka di Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/2/2024). (foto: Syarif)

Sebagai bagian literasi finansial anak dan meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia, Bank Sinarmas meluncurkan “Tabungan SIMPEL (SIMpenan PELajar) kepada 20 anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka di Bogor, Minggu (18/2/2024). Di saat yang sama dilakukan pula peresmian kanopi rooftop baca, penyerahan tas sekolah Tzu Chi, donasi 5 perangkat komputer literasi digital, dan peluncuran motor baca SIMOBI oleh Retno Tri Wulandari, Head of Corporate Secretary Bank Sinarmas dan diterima oleh Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka.

Dihadiri 140 anak pembaca aktif dan ibunya, acara yang berlangsung meriah ini menjadi bukti kepedulian sosial Bank Sinarmas dalam mendukung gerakan literasi dan aktivitas taman bacaan. Senyum sumringah hadir di semua anak saat mendapatkan Tabungan SIMPEL, tas sekolah, dan paket makan siang. Kerjasama Bank Sinarmas dan TBM Lentera Pustaka ini sudah berlangsung selama 5 tahun dan memberi manfaat nyata kepada Masyarakat, khususnya bidang pendidikan untuk menekan angka putus sekolah. Ikut hadir dalam event CSR ini: Narita Kusumawardhani, Epul Saepulloh, Carlos, dan Ramdhan (Bank Sinarmas), Hendrik Simanjuntak (Relawan Tzu Chi) dan tim, wali baca, dan relawan TBM Lentera Pustaka.

“Bank Sinarmas memiliki komitmen untuk mendukung aktivitas pendidikan dan taman bacaan. Apalagi TBM Lentera Pustaka dari tahun ke tahun terus berkembang pesat. Maka tahun ini kami merenovasi kanopi rooftop baca, mendonasikan motor baca keliling dan perangkat computer. Semua harus semangat untuk masa depan yang lebih baik” ujar Retno Tri Wulandari, Corporate Secretary Bank Sinarmas dalam sambutannya.

Sebagai bank swasta nasional terpanggil untuk menyediakan akses perbankan ke anak-anak usia sekolah. Karena itu, Tabungan SIMPEL diluncurkan sebagai bagian pendidikan untuk mengelola uang dengan bijak. Ke depannya, Bank Sinarmas pun akan menjadikan TBM Lentera Pustaka sebagai sentra kegiatan CSR literasi finansial untuk meningkatkan pengetahuan bidang keuangan anak-anak.

Dalam kesempatan ini, Yayasan Tzu Chi pun menyerahkan donasi tas sekolah dan buku-alat tulis kepada seluruh anak-anak TBM Lentera Pustaka. Tujuannya agar anak-anak terus termotivasi untuk membaca buku dan melanjutkan sekolah hingga jenjang tertinggi. Ke depan, relawan Tzu Chi juga menggelar kegiatan “periksa kesehatan gratis” yang memang diperlukan masyarakat.

“Sungguh luar biasa, aktivitas membaca anak-anak TBM Lentera Pustaka ini. Kami dari relawan Tzu Chi akan selalu mendukung dan bisa berkelanjutan ke taman bacaan ini. Betapa antusiasnya anak-anak yang membaca di tengahgempuran era digtal. Salut dan bangga sekali” kata Hendrik Simanjuntak, relawan Tzu Chi dalam sambutannya.

Melalui event CSR Bank Sinarmas ini, TBM Lentera Pustaka kian menegaskan fokusnya terhadap praktik baik di gerakan literasi dan taman bacaan. Setelah 6 tahun berdiri, TBM Lentera Pustaka kini menjalankan 15 program literasi seperti TABA (Taman Bacaan) dengan 100 anak usia sekolah, GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar, KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 40 anak usia prasekolah, YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 12 jompo usia lanjut, TBM Ramah Difabel dengan 2 anak difabel, Koperasi SImpan Pinjam dengan 28 kaum ibu agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, DonBuk (Donasi Buku), RABU (RAjin menaBUng), Literasi Digital, Literasi Finansial, dan MOBAKE (MOtor BAca KEliling). Tidak kurang 200 orang setiap minggunya menjadi pengguna layanan TBM Lentera Pustaka yang didukung oleh 12 wali baca dan relawan, di samping koleksinya mencapai lebih dari 10.000 buku.

“Saya hanya ingin ucapkan terima kasih kepada Bank Sinarmas dan yayasn Tzu Chi atas kepeduliannya pada TBM Lentera Pustaka. Terus terang, apa yang diberikan Bank Sinarmas sangat bermanfaat untuk 140 anak-anak pembaca aktif kami. Mereka jadi semangat dan termotivasi untuk tetap membaca buku” sambut Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka.

Dalam konteks kepedulian sosial dan kerjasama CSR, inisiatif Bank Sinarmas ini patut menjadi teladan bagi industri jasa keuangan, khususnya dalam menggerakkan minat baca dan aktivitas positif anak-anak di tengah gempuran era digital. Salam literasi! (***)

Reporter: Syarif

Editor: Abdel Rafi

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular