Berita Terpercaya Tajam Terkini

Warganya Tewas Di Perairan Teluk Jakarta, YLKI: Anies Jangan Ngurus Bus dan MRT Saja!

0
ilustrasi. (foto: istimewa)

 

JAKARTA – Minggu (21/3/2021) diberitakan, dari 16 penumpang, 3 orang diantaranya meninggal dunia akibat tenggelamnya kapal motor di perairan Teluk Jakarta, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menyayangkan kejadian tersebut.

“Tragisnya, narasi yang dibangun dari ketiga orang yang meninggal tersebut karena diduga tidak bisa berenang. Ini jelas narasi konyol, loh.. kok jadi persoalan penumpang yang tidak bisa berenang yang disorot? Emang prasyarat naik kapal harus bisa berenang? Aneh kalii,” ujar Tulus Abadi kepada awak media, Senin (22/3/2021) sore.

Menurut Tulus, pokok persoalannya terletak pada adanya kesan pembiaran terhadap kapal motor yang dinilainya tidak layak beroperasi.

“Kenapa semua pihak baik Pemprov DKI dan Kementerian Perhubungan membiarkannya? Mendiamkannya? Sudah sering terjadi, tapi dibiarkan!! Selevel Jakarta tapi angkutan umum perairan tidak layak alias kacau, bagaimana untuk pinggiran Indonesia?” imbuh Tulus dengan nada geram.

Tulus menegaskan bahwa, fenomena ini tidak bisa dibiarkan dan karenanya pihak YLKI mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk segera mengatasi persoalan tersebut.

“Jika Gubernur Anies Baswedan memang peduli dengan angkutan publik, maka jangan hanya MRT dan Trans Jakarta saja yang diurus dan diperhatikan. Angkutan umum perairan juga,” tegasnya.

YLKI juga mendesak Kementerian Perhubungan, khususnya Direktorat ASDP untuk mengatasi kejadian ini.

“Jangan biarkan nyawa warga Kepulauan Seribu jadi taruhannya. Mendapatkan angkutan umum yang layak, aman dan selamat adalah hak semua warga negara,” pungkas Tulus.

(bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.