Friday, May 10, 2024
HomeSains TeknologiTernyata Mangrove Bisa Dibuat Jadi Tepung Dan Bahan Pembuatan Brownies

Ternyata Mangrove Bisa Dibuat Jadi Tepung Dan Bahan Pembuatan Brownies

ilustrasi tepung mangrove. (foto: istimewa)

SURABAYA – Perairan Indonesia memiliki lingkungan yang mirip dengan beberapa perairan negara tetangga seperti di Laut China Selatan. Namun ternyata menyisakan beberapa problem diantaranya adalah seperti yang diungkapkan oleh pakar perikanan dan kelautan Universitas Airlangga (Unair) Dr. Eng. Sapto Andriyono, S.Pi., MT.

Menurut Sapto, sering ketika memperoleh temuan dari ikan di Indonesia ternyata telah dipatenkan oleh Tiongkok. Hal itulah, yang mendorong dirinya untuk mendokumentasikan sekecil apapun ide penelitian dalam bentuk paten.

“Kalau kita tidak gerak cepat bisa jadi sumber daya kita dalam tanda kutip dicuri kemudian mereka daftarkan patennya atau mungkin mendapatkan DNA-nya untuk keperluan mereka,” katanya pada media ini beberapa waktu lalu.

Sapto menambahkan bahwa saat ini, dirinya sedang mendaftarkan hak paten atas “Metode Pembuatan Tepung Mangrove Jenis Sonneratia Caseolaris dan Tepung Mangrove Jenis Sonneratia Caseolaris” dimana dalam penelitian tersebut, pihaknya berkolaborasi dengan petani mangrove di Wonorejo, Surabaya, Jawa Timur.

Sapto menegaskan bahwa pemoresan hak paten bertujuan untuk melindungi ide dari masyarakat dan kolaborasinya berupa pihak Unair membantu dengan fasilitas yang ada dengan melakukan penelitian ilmiah untuk hasilnya diimplementasi oleh masyarakat.

Jadi, kita memperbaiki performanya. Kalau di skripsi, kan perlu ada perlakuan yang jelas. Ada parameter-parameter yang jelas,” imbuhnya.

Sapto berharap penelitiannya dapat mengalihkan stigma masyarakat bahwa pohon mangrove hanya menghasilkan kayu. Menurutnya, tepung mangrove sendiri diproduksi secara lestari dengan memanen buah yang didapatkan tanpa menebang pohon.

“Bukan untuk mengeksploitasi besar-besaran, tetapi justru memberikan alternatif bahwa selain memiliki nilai ekonomi di sisi lain ada nilai ekologi, untuk melindungi pantai dan lain sebagainya, itu tetap terjaga,” tukasnya.

Sapto menjelaskan bahwa tepung mangrove produksinya bersama para petani Mangrove di Surabaya dapat bermanfaat untuk diolah menjadi beberapa makanan seperti jenang, brownies dan kue. Namun, masih untuk kalangan terbatas dan bersifat pesanan.

“Selama ini masih tahap penelitian, belum bisa produksi massal. Kendalanya buah itu musiman dan pemanfaatan utama masih ke sirup,” ucapnya.

Sapto berharap dengan temuannya ini dapat menambah nilai wisata mangrove. Selain menikmati pemandangan mangrove, pengunjung dapat belajar jenis pohon mangrove dan ragam manfaat lainnya.

(mar/pkip/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular