Friday, February 23, 2024
HomeSains TeknologiKesehatanTahukah Kamu, Air Kelapa Tua Bagus Untuk Kesehatan dan Harganya Lebih Murah

Tahukah Kamu, Air Kelapa Tua Bagus Untuk Kesehatan dan Harganya Lebih Murah

ilustrasi. (foto: @pilipphoto/getty images)

SURABAYA – Masyarakat kerap disuguhi informasi mengenai manfaat air degan atau air kelapa yang masih muda, tetapi jarang mengetahui bahwa ternyata air dari kelapa yang sudah tua juga sama bagusnya untuk kesehatan.

Memang betul bahwa air kelapa biasanya didapat dari buah kelapa yang sudah berusia 6 bulan hingga 9 bulan tetapi pada kelapa tua sekalipun tetap memiliki air, meskipun kuantitasnya tidak sebanyak air yang didapat dari air kelapa tua. Tetapi, kandungan nutrisi pada air kelapa tua lebih banyak dibandingkan air kelapa muda, sehingga bagus apabila dikonsumsi sebagai salah satu minuman sehat kamu dan keluarga. Apalagi, air kelapa tua kandungan gulanya lebih sedikit daripada air kelapa muda.

Diolah melalui berbagai sumber terpercaya, disebutkan bahwa pada setiap sekitar 245 gram air kelapa tua mengandung kalori sebanyak 44 kkal; lemak 0 gram; natrium 64 miligram; kalium atau potasium 404 miligram; karbohidrat 10,4 gram; vitamin C sebanyak 24,3 miligram; serat 0 gram; protein 0,5 gram dan gula 9,6 gram.

Terdapat banyak manfaat dari rutin mengonsumsi air kelapa tua diantaranya adalah mengatasi dehidrasi; kemudian minuman isotonik alami; mencegah terbentuknya batu ginjal dan mengontrol gula darah.

Selain itu, manfaat lain dari rutin mengonsumsi air kelapa tua adalah menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah serta resiko terkena kanker; mencegah timbulnya jerawat, serangan jantung dan keriput.

Harga Di Pasaran Lebih Murah

Menariknya, harga air kelapa tua di masyarakat ternyata jauh lebih murah dibandingkan air kelapa muda. Misal seperti yang dialami Laura, warga Surabaya. “Saya beli air kelapa muda atau bahasa biasanya air degan itu satu plastik standar sedang itu bisa 7000 Rupiah sementara dengan porsi hampir 2 sampai 3 kali lipat untuk air kelapa tua hanya 2000 rupiah. Artinya dengan manfaat sama tapi harganya jauh banget,” ujarnya pada media ini, Sabtu (16/12/2023) pagi saat ditemui di salah satu pasar tradisional di Kelurahan Mojo.

Hal serupa disampaikan oleh Denny, wanita paruh baya warga Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo, yang rutin mengonsumsi air kelapa tua dibandingkan air kelapa muda.

“Saya rutin minum air kelapa tua. Kalau belanja ke pasar sekalian beli air kelapa tua. Harganya cuman 3000 rupiah dapat banyak sekali. Bahkan sama penjualnya kadang ditambah-tambahi sendiri mas. Bisa untuk sekitar 8-10 gelas lah. Jatuhnya murah banget. Kalau beli air kelapa muda hanya bisa untuk 2-3 gelas itupun harganya 8000 rupiah,” ujar wanita yang kini tengah hamil yang ke-5 kalinya itu.

Bagaimana guys? Tertarik untuk mengonsumsi rutin air kelapa tua? Why not kan?? Gaesken.

(tommy/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular