Monday, April 15, 2024
HomeSosial BudayaSudah Masuk Sya'ban, Apa Saja Yang Perlu Diketahui?

Sudah Masuk Sya’ban, Apa Saja Yang Perlu Diketahui?

ilustrasi. (foto: istimewa)

SURABAYA – Muslim dimanapun berada akan segera bersiap menyambut bulan suci Ramadhan. Hari ini, Rabu (22/2/2023) sudah memasuki bulan Sya’ban dalam Kalender Hijriah 1444 H, tepatnya tanggal 2.

Menurut keterangan Ustadz Abu Yasid Al-Busthomy dari Pesantren Salafiyah Raudlatul Khaziny, Kokop, Bangkalan, Madura, bulan Sya’ban adalah bulannya Rasulullah Muhammad SAW.

“Karena di bulan Sya’ban inilah ayat Quran tentang perintah bersholawat kepada Rasulullah Muhammad SAW turun. Yaitu Surat Al-Ahzab ayat 56. Karenanya kita dianjurkan memperbanyak membaca sholawat di bulan Sya’ban,” ujarnya pada media ini, Rabu (22/2/2023).

Menurutnya di bulan Sya’ban juga disunnahkan untuk memperbanyak puasa sunnah seperti puasa Senin-Kamis atau Ayamul Bidh yang akan jatuh pada 6-8 Maret 2023.

“Di bulan Sya’ban ada pula istilah Nisfu Sya’ban yang dimulai sejak 7 Maret 2023 malam hingga 8 Maret 2023 siang. Karena dalam kalender hijriah penandanya adalah waktu Maghrib. Perbanyak ibadah, dzikir, sholawat dan berdoa kepada Allah SWT. Saya kira itu poin pentingnya,” tegasnya.

Menurutnya, kemungkinan 1 Ramadhan 1444 H akan jatuh pada 22 Maret 2023 sebagai malam pertama untuk sholat Tarawih.

“Hanya memang karena di Indonesia kewenangan resminya adalah melalui Kementerian Agama RI jadi kita tunggu keputusan resminya. Tetapi bagi yang sudah memiliki kaidah dan hitungan sendiri ya silakan,” pungkasnya.

(bus/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular