Sunday, May 12, 2024
HomePolitikaRatusan Peserta Muktamar Kubu Gus Solah Merasa Ditipu

Ratusan Peserta Muktamar Kubu Gus Solah Merasa Ditipu

muktamar-nu-ke-33

JOMBANG – Muktamar organisasi Nahdlatul Ulama (NU) ke-33 yang berlangsung di Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada 1-5 Agustus 2015 mulai memanas. Kubu calon ketua umum Pengurus Besar NU (PBNU) KH. Salahuddin Wahid alias Gus Solah mengaku mendapat perlakuan diskriminatif pihak panitia muktamar yang diduga cenderung mendukung kubu petahana (KH. Said Agil Siradj). Hal tersebut diungkap oleh mantan Ketua PBNU Andi Jamaro Dulung menduga panitia telah melakukan penipuan terhadap peserta dari sejumlah Pengurus Cabang (PCNU) saat mendaftar di GOR Merdeka Jombang.

“Orang mendaftar membayar Rp 1 juta, diterima uangnya dan ada buktinya, lalu kemudian diberikan blanko kosong. Itu kan penipuan, Yang melakukan ya panitia muktamar NU. Itu terjadi, tidak kurang dari seratus PCNU yang mendapatkan blanko kosong,” kata Andi kepada awak media di Media Center SMAN 1 Jombang, Minggu (2/8).

Andi menjelaskan, blanko kosong hanya diberikan kepada peserta yang saat mendaftar menyatakan menolak mekanisme ahlul halli wal aqdi (AHWA) untuk memilih Rais Aam periode 2015-2020. Peserta pun merasa dirugikan sebab telah membayar uang pendaftaran tersebut kepada panitia.

“Kalau dia (peserta) menulis AHWA langsung diberikan kartu hijau, kartu itu sebagai alat untuk menukar dengan kartu asli yang lengkap dengan barcodenya. Kartu yang sementara tadi hanya bisa digunakan untuk masuk ke pembukaan muktamar kemarin malam. Untuk memasuki sidang-sidang ada kemungkinan tidak bisa,” ungkap Andi yang merupakan pendukung Gus Solah ini.

Andi menambahkan, pihaknya akan menempuh jalur hukum atas dugaan penipuan tersebut.

“Yang merasa dirugikan sedang diidentifikasi, itu akan segera kami laporkan,” pungkasnya.

(ayab/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular