Wednesday, March 29, 2023
HomeSains TeknologiKesehatanKurang Gizi Ancaman Bagi Generasi Muda

Kurang Gizi Ancaman Bagi Generasi Muda

Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F Moeloek. (foto: istimewa)
Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F Moeloek. (foto: istimewa)

JAKARTA Р Kebiasaan makan yang buruk, seperti konsumsi makanan cepat saji dan makanan lain yang tak jelas higienitasnya, kerap dilakukan generasi muda di tanah air. Menteri Kesehatan, Nila Moeloek menilai hal tersebut bisa menjadi masalah jika tak segera ditindak. Imbasnya bisa dilihat ketika generasi muda beranjak dewasa, problem obesitas tak bisa dihindari.

Untuk itu, ia mengimbau para orang tua agar bersama-sama mengawasi gizi anak mereka. Peran bapak dan ibu para generasi mudaa sangat penting. Mengingat, kebiasaan serta pola makan anak juga berasal dari orang tua mereka.

“Harusnya bapak dan ibu sama-sama memiliki tanggungjawab mengontrol pola dan asupan makanan pada anak,” ujar Menkes Nila di kantornya, Selasa (15/12).

Ketika pola hidup tidak sehat sudah menjadi kebiasaan dan dianggap wajar, dampak buruk akan subur menjangkiti generasi muda Indonesia. Penyakit degeneratif seperti diabetes, sakit jantung dan tekanan darah tinggi semakin sering terjadi. Menurut Menkes, itu semua dikarenakan kurangnya asupan sayur dan buah, sehingga tak ada serat yang menggelontor lemak dan kandungan buruk lainnya.

Saat ini aja, menurut data Kemenkes, konsumsi sayur dan buah di kalangan anak-anak sangat rendah. Diperkirakan, hanya sekitar lima persen anak Indonesia yang mengkkonsumsi sayur dan buah secara rutin. Sementara 95 persen lainnya terperangkap dalam pola hidup tak sehat dengan konsumsi karbohidrat berlebih.

“Ini menjadi keprihatinan kita bersama bahwa konsumsi makanan anak-anak masih didominasi karbohidrat atau sereal,” tutur Menkes.

Adapun, dokter mata senior itu juga melihat pola makan anak-anak Indonesia tak memenuhi standar gizi. Kondisi tersebut menyebabkan pertumbuhan sebagian anak terganggu, dan mengakibatkan tubuh pendekk serta masalah lainnya.

(msa/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular