Kasus Covid19 Melonjak, FKM Unair Kirim Bantuan APD Ke Dinkes Bangkalan

0
Kapten Covid-19 FKM Unair, Laura Navika Yamani, Ph.D  (kedua dari kiri) saat menyerahkan secara simbolis bantuan APD hasil sumbangan sukarela para dosen dan alumni FKM Unair kepada Sekretaris Dinas Kesehatan Bangkalan, Bapak Eddy M.H (kedua dari kanan) ditemani Kepala Bidang SDK  Dinkes Bangkalan Indah Wahyuni (pertama kiri) dan Kepala Bidang P2P Riskiyah Nunik Wahyuni (pertama kanan), Senin (14/6/2021). (foto: bustomi/cakrawarta)

 

BANGKALAN – Selain melakukan riset, juga pendidikan berupa edukasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair) juga menerapkan pengabdian  melalui pemberian atau edukasi kepada masyarakat. Terkait hal tersebut, mengingat tak begitu jauh di Bangkalan Madura kasus positif Covid-19 sedang mengalami lonjakan signifikan hingga menjadi perhatian nasional, FKM Unair memberikan bantuan APD ke kabupaten di ujung barat Pulau Madura itu, Senin (14/6/2021).
“Dalam Tri Dharma Pendidikan Perguruan Tinggi, terdapat satu karakter penting yang selalu kami terapkan yakni pengabdian masyarakat. Maka donasi kali karena kami melihat kondisi lonjakan kasus di Bangkalan, pastinya akan sangat membutuhkan APD ini terutama masker. Harapannya nanti melalui Dinkes Bangkalan dibagikan ke fasilitas kesehatan dan masyarakat yang membutuhkan,” ujar Laura Navika Yamani, Ph.D selaku Kapten Covid-19 FKM Unair kepada cakrawarta.com.
Dalam kesempatan tersebut, Laura diterima langsung Sekretaris Dinkes Bangkalan Bapak Edy M.H yang ditemani Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Riskiyah Nunik Wahyuni dan Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Indah Wahyuni.
“Kami terima bantuan ini. Disampaikan terima kasih banyak kepada FKM Unair yang telah peduli dan langsung silaturahim ke Dinkes Bangkalan untuk memberikan bantuan APD. Sangat membantu tentunya. Mohon maaf karena Bapak Kepala Dinkes sedang rapat dengan Bapak Bupati sehingga tak bisa bersama kita,” ujar Bapak Eddy M.H saat menyambut tim FKM Unair di Ruang Pertemuan II, Dinkes Bangkalan.
Laura Navika Yamani, Ph.D (pertama kiri) saat diterima pihak Dinkes Bangkalan di Ruang Pertemuan II, Senin (14/6/2021). (foto: bustomi/cakrawarta)
Menurut Laura, bantuan APD tersebut merupakan sumbangan sukarela para tenaga pengajar dan alumni di lingkup FKM Unair dan berharap dapat meringankan beban yang tengah dihadapi para nakes dan masyarakat di Bangkalan yang tengah berjuang melawan pandemi Covid-19 saat ini.
“Salam dari Ibu Santi Martini Dekan FKM Unair. Beliau mendoakan semoga kasus di Bangkalan segera melandai dan wabah ini segera berlalu dengan terus fokus meningkatkan testing, tracing, treatment dan menerapkan Protokol kesehatan ketat,” pungkas Laura.
Bantuan FKM Unair yang diserahkan langsung melalui Dinkes Bangkalan berupa masker medis N95, Glove, Ners Cap dan medical gown.
(bus/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.