Monday, February 26, 2024
HomePolitikaNasionalJokowi Berharap Partai Lain Tiru Nasdem Dalam Membentuk Akademi Bela Negara

Jokowi Berharap Partai Lain Tiru Nasdem Dalam Membentuk Akademi Bela Negara

Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dan kuliah pengantar dalam pembukaan Akademi Bela Negara (ABN) yang dibentuk Partai Nasdem di Jakarta, Minggu (16/7/2017). Dalam kesempatan tersebut Jokowi -sapaan akrabnya- berharap ABN juga ditiru partai lainnya. (Foto: Laily Rachev/ Biro Pers Setpres)
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dan kuliah pengantar dalam pembukaan Akademi Bela Negara (ABN) yang dibentuk Partai Nasdem di Jakarta, Minggu (16/7/2017). Dalam kesempatan tersebut Jokowi -sapaan akrabnya- berharap ABN juga ditiru partai lainnya. (Foto: Laily Rachev/ Biro Pers Setpres)

JAKARTA – Minggu (16/7/2017) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan pembentukan Akademi Bela Negara (ABN) yang didirikan Partai Nasdem. Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan bahwa dirinya mendukung penuh ABN mengingat akademi tersebut merupakan salah satu upaya perwujudan Pasal 27 Ayat 3, UUD 1945, yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

“Aksi bela negara itu menjadi tanggung jawab kita semuanya sebagai anak bangsa. Di manapun kita berada, apapun pendidikan kita, profesi kita, pekerjaan kita, kaya, miskin, kader partai, aktivis, LSM, olahragawan, budayawan, semuanya mempunyai hak, kewajiban, dan kesempatan yang sama untuk bela negara,” ujar Presiden Jokowi di hadapan ribuan kader Partai Nasdem yang hadir.

Karenanya, Presiden Jokowi berharap inisiatif Partai Nasdem ini dapat menjadi contoh bagi elemen masyarakat lainnya. Mengingat tujuan didirikan ABN adalah untuk melahirkan kader-kader bangsa yang terus memperjuangkan aspirasi rakyat, kehidupan rakyat yang lebih baik, dan terus merawat demokrasi.

“Saya berharap inisiatif Partai Nasdem ini dalam mendirikan Akademi Bela Negara juga diikuti oleh partai-partai yang lain, organisasi-organisasi yang lain, institusi-institusi yang lain, dan oleh siapapun elemen bangsa ini yang peduli pada kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia ke depan,” imbuh Jokowi.

Pada bagian akhir sambutannya, Presiden Jokowi mengajak seluruh kader Partai Nasdem yang hadir untuk terus menggelorakan semangat kebangsaan, menjaga Pancasila, UUD 1945, dan kebinekaan NKRI. Caranya menurut mantan walikota Solo itu adalah dengan menanamkan etos kerja, disiplin nasional, integritas, kejujuran, moralitas,nilai-nilai akal budi, dan kesopanan dalam diri para kader.

“Karena kita harus sadar, jiwa-jiwa yang mulia ini amat dibutuhkan untuk menghantar bangsa ini kepada bangsa yang maju dan sejahtera,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut juga hadir Ketua DPR Setya Novanto, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Jaksa Agung Prasetyo, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Agus Widjojo, serta Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Gubernur ABN IGK Manila.

(bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular