Sunday, April 21, 2024
HomeInternasionalIndonesia-Singapura Akan Tingkatkan Kerjasama Ekonomi

Indonesia-Singapura Akan Tingkatkan Kerjasama Ekonomi

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, Selasa (12/1). Dalam pertemuan itu, kedua Menlu membahas kesepakatan bilateral Indonesia Singapura. Salah satu yang digarisbawahi yakni kerjasama ekonomi antar negara.

Retno menjelaskan, pihak Singapura menginginkan adanya peningkatan mutu tenaga kerja dari Indonesia. Ditanya soal kualifikasi, ternyata peningkatan itu hanya satu level di atas pekerja rumah tangga, yakni pengasuh orang sakit (caregiver) dan tukang pijat (therapist).

“Tenaga kerja Indonesia yang sudah harus melangkah lebih ke arah skilled labor, karena juga ada kebutuhan caregiver dan therapist di sana,” ungkap Retno di kantornya, Selasa (12/1/2016)

Belum dijelaskan, kualifikasi apa saja yang tergolong tenaga kerja layak bagi penjaga orang sakit dan pemijat. Namun demikian, Retno menjelaskan bahwa masih ada kerjasama ekonomi lain antara Indonesia dengan Singapura. Peningkatan ekspor agribisnis dari Indonesia dipastikan tengah gencar dibahas.

“Permintaan dari kita untuk meningkatkan ekspor produk agribisnis karena kebutuhannya ada, kemampuan kita ada jadi tinggal dipertemukan saja,” imbuh Retno.

Adapun Menlu Singapara berkunjung ke Indonesia dalam rangka melakukan persiapan dan melihat kesiapan terkait kunjungan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong ke Indonesia dalam waktu dekat.

(msa/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular