Wednesday, April 24, 2024
HomeSosial BudayaKemanusiaanDampingi KASAL, Pangdam V/Brawijaya Bantu Pulihkan Pasca Gempa Bawean

Dampingi KASAL, Pangdam V/Brawijaya Bantu Pulihkan Pasca Gempa Bawean

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay saat menyerahkan bantuan pada warga terdampak saat dirinya mengungjungi salah satu daerah terparah akibat gempa yaitu Tanjung-Ori, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, Sabtu (30/3/2024). (foto: pendam v/brw)

Surabaya, – Pangdam V/Brawijaya Rafael Granada Baay dan Forkopimda Jawa Timur beserta rombongan mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Tuban, Sabtu (30/3/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi, dalam upaya pemulihan daerah pasca bencana.

Tanjung-Ori, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Daerah tersebut merupakan salah satu wilayah yang terdampak parah oleh gempa bumi. Dalam kegiatan tersebut, KASAL bersama Forkopimda Jatim melakukan peninjauan dan melaksanakan kegiatan bakti sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Setelah melakukan kunjungan ke Pulau Bawean, kegiatan kunjungan dilanjutkan di Kabupaten Tuban yang dalam hal ini Pangdam diwakili oleh Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Endro Satoto, rombongan KASAL dan Forkopimda Jatim Berangkat menggunakan helikopter TNI AL. Setibanya di Lapangan Alun-alun Tuban, rombongan melakukan ziarah ke Makam Sunan Bonang sebagai wujud penghormatan kepada tokoh agama yang berjasa bagi masyarakat setempat. Selain itu, dilakukan pula kegiatan bakti sosial, bantuan keagamaan, dan kunjungan ke Pesantren Langitan.

Seluruh rangkaian kegiatan ini dilakukan dengan Aman tertib dan lancar. selama pelaksanaan kunjungan Kehadiran Kapolda Jawa Timur, Danrem 084/BJ, dan Dandim 0817/Gresik di Pulau Bawean juga memperkuat sinergi dan koordinasi antara TNI dan Polri dalam penanganan bencana.

Kasdam V/Brawijaya yang mewakili Pangdam Jawa Timur dalam kegiatan di Kabupaten Tuban menunjukkan komitmen dan perhatian yang tinggi terhadap pemulihan daerah terdampak. Melalui kunjungan ke Makam Sunan Bonang, bakti sosial, bantuan keagamaan, dan kunjungan ke Pesantren Langitan, diharapkan masyarakat yang terkena dampak bencana dapat merasakan semangat dan dukungan spiritual.

Kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk nyata dari kepedulian dan tanggung jawab Bapak Kasal yang di dampingi oleh Pangdam V/Brawijaya , Kapolda Jatim dan Forkopimda Jatim dalam membantu masyarakat memulihkan kehidupan mereka pasca bencana gempa bumi. Dengan adanya kehadiran mereka, diharapkan beban yang dirasakan oleh masyarakat dapat terkurangi dan proses pemulihan dapat berjalan lebih baik.

(arh/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular