Thursday, February 9, 2023
HomeSosial BudayaTokoh Betawi Ini Ditahbiskan Sebagai Panglima Budaya Nusantara-ASEAN

Tokoh Betawi Ini Ditahbiskan Sebagai Panglima Budaya Nusantara-ASEAN

Tokoh Maluku Umar Key mengucapkan selamat kepada tokoh Betawi Eki Pitung seusai acara pengukuhan Eki Pitung menjadi Panglima Budaya Nusantara-ASEAN di Settu Babakan, Perkampungan Budaya Betawi, Jakarta oleh Majelis Kerabat Agung Nusantara-ASEAN, Minggu (11/12/2022). (foto: istimewa)

JAKARTA – Organisasi Kesultanan ASEAN bernama Majelis Kerabat Agung Kesultanan Nusantara-ASEAN mengangkat dan menahbiskan Muhammad Rifky atau biasa disapa Eki Pitung sebagai Panglima Budaya Nusantara-ASEAN. Selain itu, Eki juga diberi gelar Datuk Rajawali Gajh Al-Mada Nusantara.

Eki Pitung yang juga merupakan Ketua Umum Ikatan Silat Betawi Indonesia Jaya (ISBI Jaya) ini merasa tersanjung dengan penyematan gelar tersebut. Amanah baru yang dipercaya itu, menurutnya, akan menjadi suatu tanggung jawab dan amanah yang luar biasa sebagai putra berdarah Betawi.

“Tadi Brunei meminta para kesultanan untuk solid bersatu dan ingin memberikan bantuan ekonomi untuk Kesultanan Nusantara dan membuat keterikatan ASEAN Business. Dimana beliau hanya ingin melalui para kesultanan dan tidak ingin dengan Pemerintah Indonesia,” kata Eki dalam keterangannya tertulis yang diterima redaksi cakrawarta.com, Minggu (11/12/2022).

Acara ini turut dihadiri Kesultanan Malaka (Malaysia), Kesultanan Brunei Darussalam, Kesultanan Philipina, Kesultanan Singapura, Kesultanan Bone, Kesultanan Jambi, Kesultanan Solo, Kesultanan Aceh, Kesultanan Banten dan Kesultanan Barus.

Eki sendiri mengatakan bahwa sebagai Duta Budaya Nusantara, utusan Kesultanan Brunei Darussalam meminta kerja sama bisnis ekonomi dan pembangunan transportasi. Mereka juga meminta kerja sama di bidang pangan di kalangan Kesultanan Nusantara-ASEAN.

“Brunei mengatakan akan siap membiayai hubungan Kerabat Agung Nusantara jika semua elemen Kesultanan dan Keadatan bersatu untuk kesejahteraan semua. Tentunya dengan program dan agenda-agenda besar dari sultan-sultan di Indonesia,” jelas Eki.

Menurut Eki, semua upaya ini disambut gembira dan memberikan efek positif pada Brunei Darussalam yang berkomitmen terhadap sultan-sultan Nusantara. Bahkan Ketua Umum Bamus Suku Betawi Zainuddin alias Haji Oding turut mengapresiasi langkah kolaborasi ini.

“Bang Haji Oding juga mengucapkan selamat untuk saya sebagai Duta dari Betawi yang dipercaya para kesultanan ASEAN. Bahkan dari Dirut Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo berencana menunjuk saya sebagai Duta Pangan Jakarta dalam rangka ekspor beras dari Jakarta ke Brunei Darussalam,” pungkasnya.

(bm/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular