Tuesday, June 25, 2024
spot_img
HomePolitikaDaerahSambut Nataru dan Pemilu 2024, Pangdam Udayana dan Kapolda Bali Tandatangani MoU...

Sambut Nataru dan Pemilu 2024, Pangdam Udayana dan Kapolda Bali Tandatangani MoU Perkuat Sinergitas TNI-Polri

Kapolda Bali dan Pangdam Udayana menunjukkan pada media dokumen MoU kedua belah pihak dalam upaya menyambut Libur Nataru dan Pemilu 2024 guna memperkuat sinergitas kedua institusi di Gedung Rupatama, Mapolda Bali, Denpasar, Rabu (13/12/2023). (foto: pendam IX)

DENPASAR – Dalam rangka persiapan pengamanan Hari Natal Tahun 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024, Polda Bali menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral bersama stakeholders pada Rabu, (13/12/2023) di Gedung Rupatama, Mapolda Bali, Denpasar.

Rapat Koordinasi ini dipimpin langsung oleh Kapolda Bali, Irjen. Pol. Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.I.K., M.Si., dan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P, M.Sc. yang diikuti oleh Wakapolda Bali, Forkopimda Bali, pejabat lintas sektor, Kepala Dinas, PJU Kodam IX/Udayana dan Polda Bali.

Dalam sambutannya, Kapolda Bali mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh peserta yang sudah hadir dalam rapat koordinasi penting ini. “Kegiatan rakor ini menjadi wadah bagi kita untuk memantapkan komitmen bersama dan memastikan kesiapan instansi masing-masing dalam menyambut peringatan hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” ujar Kapolda.

Kapolda juga menyampaikan bahwa kegiatan Rakor lintas sektoral dalam rangka pengamanan Nataru ini, sengaja dilaksanakan lebih awal, sehingga memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri dan melengkapi sarana prasarana yang akan digunakan nantinya.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa perlu diketahui bersama, perayaan Natal 2023 dan Tahun baru 2024 adalah momen penting yang sangat ditunggu oleh masyarakat dimana momen ini juga bersamaan dengan tahapan kampanye Pemilu 2024 yang sedang berlangsung.

Oleh karena itu perlu ada kerjasama, sinergitas dan integrasi antara Polda Bali serta Pemprov Bali dengan Kodam IX/Udayana dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) serta menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah dapat berjalan aman dan lancar. “Berkaitan dengan hal tersebut, Kodam IX/Udayana menyiapkan 5.580 orang untuk membantu Polda Bali dalam melaksanakan kegiatan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta penyelenggaraan Pemilu 2024”, jelas Pangdam.

Untuk meningkatkan sinergitas Polda Bali dengan Kodam IX/Udayana kegiatan Rakor dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.I.K., M.Si., dan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P, M.Sc.

Dalam MoU tersebut, disepakati sejumlah hal diantaranya perjanjian kerjasama sinergitas dan Integritas dalam pelaksanaan tugas dan fungsi TNI-Polri untuk menjaga stabilitas keamanan wilayah Bali. Kapolda Bali berharap, MoU ini dapat menjadi landasan bagi TNI dan Polri untuk bekerja sama lebih efektif dan efisien dalam menjalankan tugas dan fungsinya, terlebih lagi ke depan akan melaksanakan pengamanan hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, serta pesta demokrasi pada 2024 mendatang.

Pangdam mengharapkan ke depan soliditas yang sudah terbangun selama ini dapat terus ditingkatkan dalam pelaksanaan tugas pengabdian kita kepada Bangsa dan Negara dimana tahun 2024 ini kita akan menghadapi pesta Demokrasi Bangsa Indonesia yakni pemilihan Presiden, Legislatif dan Kepala Daerah, sehingga kita harus mendukung dan menjaga Pemilu tahun depan agar berlangsung dengan tertib, aman dan lancar, Semua pihak untuk terus menjaga semangat toleransi, Bhinneka Tunggal Ika dan persatuan Bangsa dalam menyongsong gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Pj. Gubernur Bali, Kabinda Bali, Ka BNN Prov. Bali, Kasrem 163/WSA, Ketua FKUB Prov. Bali, Asops Kasdam IX/Udayana, PJU Polda Bali, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Danlanal Denpasar, Kalaksa BPBD Prov. Bali, Para Kadis Provinsi Bali, Kepala BMKG Prov. Bali, Kepala Basarnas Prov. Bali serta undangan lainnya.

(arif/tom)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular