Berita Terpercaya Tajam Terkini

REKAN Indonesia Dukung Seruan Anies Baswedan Untuk Gunakan Masker Kain

Ketua Nasional Relawan Kesehatan Indonesia, Agung Nugroho.

 

JAKARTA – Seruan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang tertuang dalam surat seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 9 Tahun 2020, tentang penggunaan masker untuk mencegah penularan Corona virus disease (Covid-19) mendapat dukungan dari Relawan Kesehatan  (REKAN) Rekan Indonesia.

Dalam seruan yang ditandatangani pada Jumat (3/4/2020) itu, Anies Baswedan meminta masyarakat untuk senantiasa menggunakan masker ketika berada di luar rumah. Masker yang digunakan masyarakat yakni masker kain minimal dua lapis, masker kain ini juga dapat dibeli atau dibuat sendiri.

REKAN Indonesia mendukung seruan gubernur agar warga menggunakan masker kain. Karena selama ini banyak warga yang masih belum paham terhadap fungsi dari masker sehingga warga lebih memilih menggunakan masker disposable.

Dukungan ini disampaikan oleh ketua nasional REKAN Indonesia, Agung Nugroho dalam siaran persnya Sabtu (4/4/2020) di Jakarta Selatan kepada awak media.

Agung menilai seruan Anies itu sangat penting agar warga menjadi paham terhadap fungsi utama penggunaan masker kain.

“Sejatinya semua masker itu fungsinya sama yaitu untuk menahan droplet (liur) kita agar tidak terpercik ke orang lain. Dan juga menjaga agar kita juga terhindar dari percikan liur orang lain,” ungkap Agung.

Adapun droplet merupakan sumber terjadinya penularan virus, karena dapat berpindah dari orang yang sakit ke orang sehat.

Tak seperti masker disposable yang hanya dapat digunakan sekali pakai, masker kain dapat dipakai lebih dari satu kali, dengan catatan rajin dicuci.

Agung menyarankan pencucian masker kain harus menggunakan sabun dan dipastikan bersih.

Selain itu masker disposable karena hanya sekali pakai dapat menimbulkan sampah, dan jika dibuang sembarangan juga akan menyebabkan penularan kepada orang lain.

“Jadi kami sangat mendukung seruan Gubernur DKI. Rekan Indonesia sendiri sudah sejak lama membagikan masker kain kepada warga baik DKI dan diluar DKI sebagai upaya pencegahan terhadap wabah covid 19,” pungkas Agung.

(ms/bti)

Comments are closed.