Monday, April 15, 2024
HomeSosial BudayaPemerintah Tetapkan Idul Fitri 1436 H Jatuh Pada Hari Jumat

Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1436 H Jatuh Pada Hari Jumat

Contoh Kedudukan Hilal.(Dok: LDK STT Tekstil)
Contoh Kedudukan Hilal.(Dok: LDK STT Tekstil)

JAKARTA – Dalam sidang isbat yang dilakukan secara tertutup dan dihadiri oleh sejumlah tokoh perwakilan ormas Islam, MUI dan pihak Kementerian Agama (Kemenag) RI, pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) RI, Lukman Hakim Saifuddin, secara resmi menetapkan bahwa 1 Syawal 1436 Hijriah jatuh pada esok hari, Jumat, 17 Juli 2015.

“Posisi hilal yang tercatat di Pelabuhan Ratu berada pada posisi 3,11 derajat. Berada di atas kriteria yang dipegang oleh Indonesia. Elongasi 3 derajat, dan umur bulan 8 jam. Data di Pelabuhan Ratu sudah di atas kriteria tadi. Dalam pendekatan hisab sudah dimungkinkan hilal untuk dilihat” ujar Menag dalam konferensi pers penetapan 1 Syawal seusai sidang isbat.

Menurut Menag, setidaknya ada tiga tempat yang berhasil melihat hilal, yaitu Bukit Condrodipo di Gresik dengan lima orang yang melihat hilal; di Tanjung Kodok, Lamongan, Jawa Timur; di Bojonegoro dilihat oleh Camat dan Wakil Bupati Bojonegoro; dan di Kepulauan Seribu.

“Dengan ada empat titik yang berhasil lihat hilal, maka tim menyepakati, malam ini kita sudah mulai memasuki 1 Syawal 1436 Hijriah. Alhamdulillah tahun ini seluruh umat Islam Indonesia akan bersama melaksanakan salat Id besok pagi pukul 7 pagi,” tegas politikus PPP tersebut.

Ini artinya, tahun ini cukup bersejarah bagi umat Islam Indonesia karena bisa memasuki bulan puasa dan merayakan Idul Fitri secara bersama-sama.

(bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular