Wednesday, April 17, 2024
HomeSains TeknologiMengenal GARCHOC, Kombinasi Cokelat Dan Bawang Putih Untuk Kekebalan Tubuh

Mengenal GARCHOC, Kombinasi Cokelat Dan Bawang Putih Untuk Kekebalan Tubuh

 

Garchoc produk turunan bawang putih dan cokelat hasil penelitian Prof. Dr. Ir. Annis Catur Adi, MSi seorang guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. (foto: istimewa)

SURABAYA – Terinspirasi oleh khasiat bawang putih, Prof. Dr. Ir. Annis Catur Adi, MSi, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, melakukan penelitian bawah putih tunggal terfermentasi. Lalu, ia memformulasikannya dengan dark chocolate yang bernama GARCHOC.

Annis menjelaskan bahwa ide penelitiannya berasal dari fenomena pandemi Covid-19. Pandemi yang terjadi, ujarnya, membuat orang-orang harus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya terhadap virus. Salah satunya dengan meminum suplemen atau jamu.

Selain suplemen atau jamu, sambungnya, meningkatkan kekebalan tubuh juga dapat dengan mengonsumsi pangan fungsional.

“Pangan fungsional adalah pangan yang memiliki kandungan gizi unggul dan manfaat lain bagi kesehatan. Salah satu pangan fungsional yang paling unggul adalah bawang putih segar atau kating fermentasi biasa yang bernama black garlic,” tuturnya pada media ini, Selasa (31/1/2023).

Annis menambahkan bahwa penelitiannya merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan PKM di Kecamatan Mulyorejo, Surabaya. Yang mana, target sasarannya adalah lansia. Pasca-pandemi Covid-19, lansia menjadi salah satu yang berisiko tinggi terdampak virus-virus berbahaya.

“Kami ingin para lansia selain dapat mengonsumsi, mereka juga dapat memproduksi sendiri black garlic atau dalam bentuk olahan GARCHOC ini. Jadi, kami mengadakan edukasi dan pelatihan serta pendampingan kepada para lansia,” paparnya.

Rasa dan aroma asli bawang putih segar yang khas dan tajam, ucap Annis, membuat masyarakat cenderung kurang, bahkan tidak mengonsumsi bawang putih, sebagai makanan berkhasiat. Padahal, bawang putih mengandung senyawa fitokimia yang baik untuk kesehatan.

Black garlic ini memiliki rasa lebih manis, kenyal, dan aromanya sudah tidak khas seperti bawang. Dibandingkan dengan bawang putih segar, black garlic lebih berkhasiat untuk kesehatan,” katanya.

Kendati begitu, sebagian masyarakat tetap tidak suka mengonsumsi black garlic. Sehingga Annis mengombinasikan black garlic dengan dark chocolate yang lebih banyak peminat masyarakat.

“Jadi, dark chocolate hasil kombinasi dengan black garlic ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan bisa menyegarkan karena mengandung theobromina,” terangnya.

Untuk bentuk produk makanannya, Annis mengemasnya dalam bentuk setengah lingkaran kecil. Konsumen dapat memakannya dengan sekali kunyah. Sehingga memudahkan dan lebih nyaman untuk dikonsumsi.

Dalam rangka mendukung keberlanjutan penelitiannya, Annis telah mendaftarkan penelitian GARCHOC ke Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal, Penerbitan dan Hak Kekayaan Intelektual Universitas Airlangga pada 23 Januari 2022. Kendati sertifikasinya masih dalam proses terbit, ia berharap penelitiannya dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama di perdesaan.

“Semoga teknologi penelitian yang saya kembangkan dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi bahan pangan yang mudah ditemukan di desa. Serta, memberikan sumbangsih turut menyehatkan masyarakat melalui makanan yang sehat,” tandasnya mengakhiri keterangan.

(mar/pkip/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular