Wednesday, May 22, 2024
HomeEkonomikaKonyol, Bimtek Tenaga Ahli Pendamping Desa Baru Digelar Sekarang

Konyol, Bimtek Tenaga Ahli Pendamping Desa Baru Digelar Sekarang

Ilustrasi. (Foto: Berdesa.com)
Ilustrasi. (Foto: Berdesa.com)

JAKARTA – Seperti diprediksi sebelumnya, rekruitmen pendamping desa memang jauh dari prinsip profesionalitas. Ketua DPP GARDA SANDI (Gerakan Pemuda Desa Mandiri) Cokro Wibowo Sumarsono menilai misal para pendamping desa tingkat kabupaten yang disebut dengan istilah tenaga ahli tersebut ternyata selama ini terjun ke lapangan tanpa dibekali pelatihan apa-apa.

“Pelatihan Bimtek (bimbingan teknis) tenaga ahli pendamping desa tingkat kabupaten baru diselenggarakan sekarang. Untuk wilayah Jawa Timur digelar di kota Batu dalam minggu ini. Padahal mereka sudah menerima gaji dan sudah bergerak di lapangan selama beberapa bulan terakhir. Untuk pendamping desa tingkat kecamatan bahkan baru akan digelar minggu depan,” ujar Cokro Wibowo Sumarsono dalam keterangannya kepada redaksi, Kamis (12/5/2016).

Tak pelak, Cokro menilai hal ini adalah sebuah kekonyolan. Menurutnya, hal tersebut menunjukkan amburadulnya sistem manajemen pendampingan desa di Kementerian Desa. Pihak GARDA SANDI menilai, seharusnya pelatihan Bimtek digelar pada awal masa kerja pendamping desa yakni sebelum mereka diterjunkan ke lapangan. Tujuannya jelas agar mereka menguasai materi teknis yang menjadi tanggung jawabnya.

“Menteri Desa, Marwan Jakfar harus segera menjelaskan masalah ini ke publik. Agar kepercayaan masyarakat desa kepada pendamping desa kembali bagus. Karena kejadian ini benar-benar mencoreng kredibilitas para pendamping desa di lapangan,” pungkas Cokro.

(bm/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular