Ketua Komisi IV DPRD Riau Tinjau Lokasi Banjir Pekanbaru

0 134
Ketua  Komisi IV DPRD Provinsi Riau, H. Parisman Ikhwan (baju kuning) saat terjun langsung meninjau titik lokasi banjir di Kelurahan Sibam, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru, Riau, pada Sabtu (24/4/2021). (foto: anhar rosal)

 

PEKANBARU – Bencana banjir yang melanda beberapa titik di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, membuat Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau H. Parisman Ikhwan turun meninjau di beberapa titik. Pada Jumat (23/4/2021) malam sepulang Syafari Ramadhan, ia langsung menuju lokasi banjir di Tangkerang Labuai, dan Sabtu (24/4/2021) kembali turun meninjau banjir di Kelurahan Sungai Sibam, Kecamatan Binawidya.

“Banjir di Kelurahan Sungai Sibam akibat Tanggul Jebol sehingga luapan air dari anak sungai akibat curah hujan terus mengguyur Kota Pekanbaru melanda beberapa titik perumahan di Kelurahan Sungai Sibam. Alhamdulillah, saat ini banjir sudah surut berkat kerja satu alat berat yang diturunkan berangsur memperbaiki tanggul,” ujar salah seorang warga bernama Bobby kepada H. Parisman di area lokasi kunjungan.

Dalam kunjungannya kali ini, Parisman menyatakan siap menambah armada alat berat untuk menyusuri anak Sungai Sibam di Kelurahan Sungai Sibam, Kecamatan Binawidya, Pekanbaru dan melakukan pengerukan jika terjadi pendangkalan atau penyempitan.

“Kita segera menurunkan alat berat, dan segera berkordinasi dengan pihak PU setempat,” tukas Parisman.

Sementara itu Politisi dari Partai Golkar ini, H menambahkan bahwa yang dilakukannya ini adalah kunjungan insidentil ke beberapa titik di daerah pemilihannya.

“Sebagai wakil rakyat saya hendak melihat secara langsung warga di dapil saya yang menjadi korban banjir luapan sungai akibat hujan deras dua hari lalu. Seperti kunjungan sekarang ini, di Kelurahan Sungai Sibam,” imbuh Parisman.

Dari kunjungan tersebut, Parisman dapat mengetahui bahwa puluhan rumah penduduk terdampak banjir, terutama warga di Perumahan Dwi Beringin Indah yang rumahnya tak jauh dari bibir sungai.

Di tempat yang sama, Camat Binawidya, Edi Suherman dan Lurah Sungai Sibam, Sarnubi yang ikut turun dalam kunjungan ini mengatakan, pada Sungai Sibam yang bermuara ke Sungai Siak memang terjadi pendangkalan.

“Akibat pendangkalan, sekarang aliran air kurang lancar. Tahun 2018 kami sempat melakukan normalisasi, dan rencananya program ini akan kita giatkan juga dengan melakukan penghijauan di pinggir anak sungai,” ujar Edi Suherman.

Parisman yang akrab dipanggil Iwan Patah mengaku setelah melihat secara langsung akan mencoba berkordinasi dengan pihak terkait.

“Untuk sementara kita turunkan alat berat dulu agar bisa melakukan pengerukan. Ini solusi sementara,” jelas Iwan Patah.

Dalam kunjungan singkat tersebut, politisi dengan slogan “Pe7arung” ini juga menyerahkan bantuan sembako untuk para korban banjir di Kelurahan Sungai Sibam.

“Ini hanya sekedarnya saja, kita berharap warga terdampak musibah selalu sabar atas cobaan yang ada. Ini musibah kita bersama,” pungkasnya.

(anhar rosal/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.