Saturday, January 28, 2023
HomeSains TeknologiKesehatanInilah Pesan Penting Pangdam V/Brawijaya Saat Kunjungi RST dr. Soepraoen Malang

Inilah Pesan Penting Pangdam V/Brawijaya Saat Kunjungi RST dr. Soepraoen Malang

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, MA menyalami Kepala RST dr. Soeproen, Kolonel CKM dr. Muh. Hafid Akbar, Sp.JP., FIHA dan jajaran manajemen RST, saat dirinya melakukan kunjungan ke rumah sakit tingkat II di Malang dan berada dibawah Kesdam V/Brawijaya. (foto: jafar g bua)

MALANG – Belum genap sepekan menjabat Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, MA terus bergerak ke banyak daerah yang menjadi tanggung jawabnya.

Setelah meninjau langsung korban banjir di Madura lalu ke bumi wali Tuban dua hari lalu, terhitung Rabu (4/1/2023/ hingga hari ini, Kamis (5/1/2023), Pangdam murah senyum itu melawat ke Malang.

Di Malang sendiri Pangdam V/Brawijaya mengunjungi RST dr. Soepraoen yang merupakan salah satu rumah sakit tingkat II di Malang dan berada dibawah Kesdam V/Brawijaya.

Di awal sambutannya pada Pangdam V/Brawijaya, Kepala RST, Kolonel CKM dr. Muh. Hafid Akbar, Sp.JP., FIHA menceritakan Rumah Sakit Tentara dokter Soepraoen Malang ini adalah saksi sejarah perkembangan Kota Malang pada zaman pendudukan Belanda hingga era kemerdekaan.

Adapun nama Soepraoen ini diambil buat mengabadikan Almarhum Mayor dr. Soepraoen, seorang Perwira Kesehatan yang gugur sebagai korban pertama Kesad dalam perang kemerdekaan di Jawa Timur.

Menurut Kepala RST, selain memberikan pelayanan kesehatan kepada Prajurit TNI dan keluarganya melayani masyarakat Umum.

“RST meliputi layanan Gawat Darurat, Rawat Jalan, Rawat Inap dan Penunjang. RST menyediakan 215 tempat tidur yang siap melayani pasien rawat inap dan 16 Poliklinik Spesialis,” beber dr. Hafid.

Rumah sakit ini dilengkapi beberapa fasilitas penunjang medis seperti Radioterapi, Cath Lab, ESWL, Laboratorium PA, Laboratorium PK, Radiologi, dan lain-lain.

“Saat Ini Rumah Sakit Tk.II dr. Soepraoen telah terakreditasi Paripurna dan mendapatkan penghargaan sebagai Satuan Kerja Berkinerja Terbaik II Kategori Badan Layanan Umum Atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Periode tahun 2021,” ungkap dr. Hafid.

Pesan Penting Pangdam V/Brawijaya

Menanggapi paparan Kepala RST, Mayjen TNI Farid Makruf, mengakui kagum atas performa dan fasilitas rumah sakit TNI Angkatan Darat ini.

“Saat saya keliling di Surabaya, staf bilang bahwa RS TNI Angkatan Laut dr. Ramelan itu adalah salah satu rumah sakit terbaik di Jawa Timur. Saya lalu berpikir, apakah Kodam V/Brawijaya punya rumah sakit serupa?! Ternyata ada. Ini harus terus ditingkatkan dan makin dilengkapi alat kesehatannya. Terima kasih banyak buat Karumkit dan jajarannya,” ujar Pangdam V/Brawijaya.

Kepada Kepala RST, Mayjen TNI Farid Makruf meminta untuk terus meningkatkan pelayanan prima kepada para prajurit TNI dan keluarganya.

“Bila paramediknya melayani dengan ikhlas, penuh senyum, itu akan membuat nyaman pasien. Kalau pelayanannya kaku dan tegang, pasien bisa tambah sakit,” ucap Pangdam berkelakar.

Di akhir sambutannya, Pangdam V/Brawijaya memuji Kepala RST yang telah bekerja dengan baik sehingga performa rumah sakit, baik fasadnya dan alat kesehatannya semakin baik.

“Begitulah harusnya menjadi pemimpin. Pemimpin itu harus memberikan manfaat sebaik-baiknya kepada orang yang dipimpinnya dan juga masyarakat,” tandas Mayjen TNI Farid Makruf, MA mengakhiri keterangannya.

(jafar/bus)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular