Sunday, April 21, 2024
HomeEkonomikaDaerahGelar MDPT Tahun Buku 2022, BUMDes Langkan Sejahtera Bagikan Doorprize Dan Paket...

Gelar MDPT Tahun Buku 2022, BUMDes Langkan Sejahtera Bagikan Doorprize Dan Paket Sembako

Sebagian masyarakat desa yang menerima doorprize dari Bumdes Langkan Sejahtera, Pelalawan, Riau dalam MDPT Tahun Buku 2022 Bumdes tersebut, Selasa (14/2/2023). (foto: anhar rosal)

PELALAWAN – Pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Langkan Sejahtera, Desa Langkan, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau menggelar Musyawarah Desa Pertangungjawaban Tahunan (MDPT).

MDPT Tahun Buku 2022 tersebut, digelar di Aula Kantor Desa Langkan, Selasa (14/2/2023). Turut hadir dalam acara itu, Kepala Desa Langkan (Komisaris Bumdes) Muhammad Yaser Irma, Direktur Bumdes Edi Syahputra, Ketua BPD (Pengawas) Dedi Prianto, pendamping Kecamatan Langgam M. Tamrin dan pendamping Desa Siaga Depi Nuryadi.

Dalam kegiatan MDPT Tahun Buku 2022 ini, dimeriahkan dengan pembagian doorprize sebanyak 50 macam untuk pelaku simpan pinjam dan juga penyaluran bantuan sembako untuk 20 orang kurang mampu atau dhuafa.

Direktur Bumdes Edi Syahputra mengatakan bahwa pencapaian Bumdes Langkan Sejahtera mengalami kenaikan untuk tahun 2022. Total laba simpan pinjam yang diraih lembaga yang dipimpinnya tersebut mencapai Rp 50.809.000,-; sementara untuk total laba Toko Bangunan mencapai Rp 30.622.825,-. Dari dua unit usaha tersebut, Bumdes mengalokasikan pendapatan asli desa (PAD) sebesar Rp 14.267.848,- dibandingkan tahun yang lalu yang hanya menyumbangkan PAD sebesar Rp 8.000.000,- ke Desa Langkan.

“Keberhasilan ini berkat kerja sama semua pihak. Diharapkan penerima manfaat masyarakat yang melakukan simpan pinjam agar membayar angsuran tepat waktu. Setelah ini, Bumdes akan membuka usaha BRI Link dan Bank Riau Link,” jelas Edi pada kesempatan tersebut.

Kepala Desa Langkan Muhammad Yaser Irma menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pengurus Bumdes yang dengan sungguh-sungguh memegang amanah dalam mengelola Bumdes Langkan. Apalagi, menurutnya, pencapaian tiap tahunnya selalu ada peningkatan.

“Direktur Bumdes juga menyerahkan bantuan sosial paket sembako dan bahan pokok yang diserahkan pada keluarga kurang mampu sebanyak 20 orang. Ini luar biasa. Karenanya, Desa berkomitmen mendukung Bumdes,” terang Yaser yang disambut tepuk tangan meriah.

Sementara itu, Ketua BPD dan selaku Pengawas Bumdes, Dedi Prianto mengaku bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pencapaian yang didapat Bumdes Langkan Sejahtera.

“Pencapaian Bumdes ini merupakan keberhasilan bersama dan kerja sama semua elemen masyarakat,” ujarnya.

Pendamping Kecamatan Langgam, M Tamrin bahkan menegaskan capaian Bumdes Langkan Sejahtera merupakan yang terbaik di wilayah kecamatan.

“Saya sangat terharu dan bangga dengan pencapaian Bumdes Langkan Sejahtera. Saya sudah menghadiri MDPT di beberapa desa. Alhamdulillah Desa Langkan mendapat posisi teratas di Kecamatan Langgam,” tandasnya.

Bumdes Langkan Sejahtera menjadi bukti bahwa Bumdes yang dikelola dengan baik dan profesional akan menguntungkan dan mampu berkontribusi pada pendapatan asli desa dan juga kesejahteraan masyarakat desa.

(anhar/bus)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular