Wednesday, May 22, 2024
HomeInternasionalDiaspora Indonesia Penting Bagi Ekonomi Nasional

Diaspora Indonesia Penting Bagi Ekonomi Nasional

Ketua Diaspora Indonesia, Dino Patti Djalal.
Ketua Diaspora Indonesia, Dino Patti Djalal.

JAKARTA – Keberadaan diaspora atau orang Indonesia yang bekerja di luar negeri sangat bermanfaat memberi kesempatan pebisnis nasional. Eksistensi mereka sangat penting untuk ekonomi nasional. Demikian disampaikan oleh Ketua Diaspora Indonesia, Dino Patti Djalal.

“Ekonomi bisa melaju dengan melibatkan diaspora secara aktif. Buka pintu diaspora dalam partisipasi sebagai agen, investor dan sebagainya,” ujar Dino saat ditemui wartawan sebelum acara Kongres Diaspora Indonesia ke-3 di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (12/8).

Tapi, Dino menilai kemudahan atau fasilitas negara belum bisa dirasakan untuk mempermudah para diaspora melakuan tugasnya.

” Saya akan tetap memperjuangkan hal ini (keterlibatan diaspora Indonesia) terealisasi. Karena ada sinyalemen sejumlah pihak agar diaspora Indonesia berguna bagi tanah air,” tegas Dino.

Sementara, Dino mengatakan kongres ini akan membahas bagaimana meningkatkan sinergi potensi diaspora dengan yang dibutuhkan di tanah air. Ia mengklaim sudah ada beberapa ide, inisiatif, arsitek, desain, kesehatan, migran buruh, pendidikan , dan sebagainya.

“Semua ada task force dan akan lakukan rapat 2 hari ke depan untuk langkah selanjutnya,” pungkasnya.
(msa/bti).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular