Monday, July 22, 2024
spot_img
HomePendidikanDunia KampusBerkat Ide OPHELLIA Untuk Ibu Postpartum, Tiga Mahasiswi Ini Juarai Ajang Nasional

Berkat Ide OPHELLIA Untuk Ibu Postpartum, Tiga Mahasiswi Ini Juarai Ajang Nasional

Tiga bersahabat mahasiswi Fakultas Kedokteran Unair: Gading Nurhafiza Rachma, Intan Fairuz Zakia, dan Khuril Malail Janah dalam suatu acara beberapa waktu lalu. (foto: ist)

SURABAYA – Tiga mahasiswi Gading Nurhafiza Rachma, Intan Fairuz Zakia, dan Khuril Malail Janah berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi esai ilmiah MITOSIS: Midwifery Students National Competition and Seminar pada Minggu (3/12/2023). Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Universitas Andalas di Sumatera Barat.

Pada media ini, Senin (11/12/2023), Intan selaku perwakilan tim menuturkan bahwa ia dan teman-temannya sesama mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga membawakan inovasi bernama “OPHELLIA: Kalung anti cemas Berbasis Neuropsikologis untuk Mencegah Masalah Psikologis Ibu Postpartum”.

“Ide itu (ophellia, red.) tercetus karena kami melihat angka kecemasan pada ibu postpartum atau ibu pasca melahirkan di Indonesia masih sangat tinggi,” ujarnya.

Jika persoalan itu tidak segera teratasi, lanjut Intan, maka dampak buruk baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang bisa terjadi pada ibu postpartum. Oleh sebab itu, perlu intervensi untuk menangani persoalan tersebut dengan metode yang berbeda. Dari banyaknya metode penanganan kecemasan, metode non farmakologis merupakan metode paling aman dan tidak menimbulkan efek samping seperti terapi farmakologis.

“Salah satu metode non farmakologis yaitu relaksasi menggunakan aromaterapi. Lahirlah gagasan inovatif kalung OPHELLIA ini dengan menghadirkan solid aromatherapy dalam bentuk liontin dengan berbagai keunggulan seperti efektivitas, efisiensi, kemudahan penggunaan, dan terdapat konten edukasi yang dapat diakses oleh pengguna OPHELLIA,” jelasnya.

Kesuksesan menjuarai ajang nasional ini, Intan dan kawan-kawan sangat berharap dapat menjadi pengalaman berharga dan menambah pengetahuan bagi mereka. Selain itu, mereka juga berharap prestasi itu dapat memicu semangat untuk terus berkreasi sehingga dapat mengembangkan dan merealisasikan gagasan ini.

“Semoga prestasi ini juga dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain, khususnya mahasiswa program studi Kebidanan untuk selalu semangat berkreasi dan mengharumkan almamater tercinta,” pungkasnya.

(pkip/mar/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular