Wednesday, April 17, 2024
HomeSudut PandangTingkat Gemar Membaca di Indonesia Meningkat, Benarkah?

Tingkat Gemar Membaca di Indonesia Meningkat, Benarkah?

Ternyata, tingkat gemar membaca (TGM) masyarakat Indonesia pada tahun 2022 berada di level 63,9 poin pada 2022. Skor tersebut meningkat 7,4% dibandingkan setahun sebelumnya. Itu berarti, makin banyak orang Indonesia yang gemar membaca. Begitulah data survei yang dilakukan Perpusnas (2023) tentang tingkat kegemaran membaca di Indonesia terhadap 11.158 responden yng tersebar di 102 kabupaten/kota. Survei ini didasari pada dari frekuensi membaca per minggu hingga durasi akses internet untuk bahan bacaan. Tentu, ini kabar menggembirakan ya.

Bila dicermati secara seksama, mungkin skor tingkat kegemaran membaca itu tergolong tinggi, 63,5%. Itu berarti, 6 dari 10 orang di Indonesia gemar membaca. Tapi sebagai pembanding, bisa juga dilihat realitasnya di lapanganya. Apakah benar di dekat kita, setiap 6 dari 10 orang yang ada gemar membaca. Mungkin bisa dicek di kafe-kafe, di angkutan umum atau di mana pun. Karena gemar membaca kan ukurannya adalah sedang membaca buku, bukan ngobrol atau yang lainnya. Seberapa sering kita melihat orang yang sedang membaca buku dalam keseharian?

Intinya membaca buku di era digital memang patut ditumbuhkan. Salah satunya melalui aktivitas di taman bacaan. Karena itu taman bacaan di mana pun harus terus berkerasi dan berjuang. Demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi masyarakat. Apapun alasannya, taman bacaan harus eksis dan bertahan. Syratanya sederhana, yaitu memastikan 1) ada anak-anak yang membaca, 2) ada buku-buku yang dibaca, dan 3) ada komitmen dari pengelola taman bacaan itu sendiri. Agar kegemaran membaca di masyarakat tetap hidup sebagai bagian ekosistem sosial. Bila kafe-kafe dan tempat ngopi ada di mana-mana, seharusnya taman bacaan pun ada di mana-mana. Agar akses membaca buku jadi lebih mudah.

Sebagai realisasi komitmen meningkatkan kegemaran membaca itulah, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor ikut berkiprah secara sosial. Untuk selalu menyediakan tempat membaca dan akses bacaan untuk anak-anak usia sekolah Kecamatan Tamansari Kab. Bogor. Saat ini tidak kurang dari 100 anak yang akti membaca seminggu 3 kali di taman bacaan. Ada juga 40-an anak kelas prasekolah yang belajar calistung dan bermain di taman bacaan seminggu 2 kali. Ada kegiatan berantas buta aksara. Dan yang tidak kalah penting aktivitas motor baca keliling (mobake) yang mengantarkan buku ke kampung-kampung, agar anak-anak bisa membaca buku. Dengan dukungan 6 wali baca dan 12 relawan, TBM Lentera Pustaka berjibaku untuk tetap menegakkan kegemaran membaca di masyarakat. Dengan menyediakan akses bacaan semudah-mudahnya secara rutin. Taman bacaan dan buku bukan hanya sebagai ladang amal tapi menjadi jalan hidup. Untuk selalu berbuat baik dan menebar manfaat kepada sesama anak bangsa.

Maka untuk menjaga dan meningkatkan kegemaran membaca Masyarakat, taman bacaan harus terus ikhtiar dan berjuang. Ada atau tidak ada yang peduli. Taman bacaan harus memastikan anak-anak yang membaca terpelihara, koleksi buku-buku bacaan selalu tersedia, dan komitmen pengelola TBM harus terus terjaga. Tanpa ketiagnya, sangat berpotensi taman bacaan bacaan akan punah alias “mati suri”. Karena sejatinya, taman bacaan yang bertahan di era digital memang harus di-ikhtiarkan bukan hanya didiamkan. Seperti rezeki pun harus dicari bukan ditunggu. Maka proses dan aktivitas taman bacaan menjadi kata kuncinya. Harus ada kegiatan yang dibikin di taman bacaan, apa pun bentuknya. Taman bacaan tidak boleh berdiam diri apalagi pasrah. Karena memang, membangun kegemaran membaca di kalangan anak-anak dan masyarakat itu tidak mudah seperti membalik telapak tangan.

Dan yang penting, kegemaran membaca masyarakt tidak bisa lagi dilihat dari minat membacanya. Tapi harus dari ketersediaan akses bacaan untuk masyarakat. Seberapa banyak tempat-tempat untuk membaca yang tersedia? Gerakan literasi dan taman bacaan pasti efektif bila tempat membaca buku tersedia di mana-mana. Salam literasi!

 

SYARIFUDIN YUNUS

Pegiat Literasi TBM Lentera Pustaka Bogor Jawa Barat

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular