Wednesday, May 22, 2024
HomeSudut PandangPengaruh Olahraga Popular Terhadap Minat Berolahraga Masyarakat Indonesia

Pengaruh Olahraga Popular Terhadap Minat Berolahraga Masyarakat Indonesia

Di tengah euforia keberhasilan Timnas Indonesia U-23 dalam menghadapi pertandingan demi pertandingan di Piala Asia 2024 di Qatar kemarin, dimana pada akhirnya untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia mampu menembus babak semifinal Piala Asia, sedikit banyaknya meningkatkan minat berbagai lapisan masyarakat dari anak-anak, remaja hingga orang tua, dalam kecintaan mereka terhadap olahraga paling populer di Indonesia ini.

Perjalanan Timnas U-23 begitu menjadi perhatian rakyat Indonesia. Prestasi timnas sepakbola U-23 itu belum lagi ditambah dengan kemunculan yang luar biasa dari seorang Atlet Volley Indonesia, Megawati, yang namanya berkibar di Korea Selatan yang tergabung dalam tim bola voli Red Spark, akhirnya menjadikan olahraga-olahraga populer ini menjadi begitu banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Menurut studi yang terbit dalam Wiley Journal, olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Ketika berolahraga, tubuh akan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh lebih sehat dan kuat, serta tidak mudah terserang penyakit.

Tidak hanya mencegah penyakit biasa atau penyakit pada umumnya, tubuh yang aktif dapat mencegah dari risiko penyakit kronis. Aktivitas fisik dapat menurunkan percepatan penuaan biologis, meningkatkan kebugaran, serta mencegah sindrom metabolik, obesitas, dan resistensi insulin.

Berolahraga membuat semua bagian tubuh kita bergerak, sehingga bisa meningkatkan fleksibilitas. Otot tubuh juga menjadi lebih elastis dan tidak kaku. Bagi anak-anak, olahraga amat penting untuk menunjang perkembangan postur tubuhnya.

Anak yang rutin berolahraga sejak kecil akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak bungkuk saat berjalan. Fakta kesehatan yang termuat dalam Journal of Physical Therapy Science, menyebutkan bahwa postur tubuh yang tepat dapat menurunkan risiko nyeri punggung, bahu, dan sakit pinggang.

Untuk itu marilah kita berolahraga sesuai dengan aturan yang ada, karena berolahraga juga tidak bisa sembarang dilakukan, ada banyak aspek yang harus kita lihat seperti waktu yang tepat, pakaian yang tepat, konsumsi yang tepat apalagi untuk seorang atlet. Karena “Di dalam Tubuh yang Sehat terdapat Jiwa Yang Kuat”. Salam Olahraga!

AVECENNA ULUPI ASSAMI

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga pada Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia (Jur PKO FPOK UPI) Bandung

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular