Sunday, April 14, 2024
HomeEkonomikaNasionalPemerintah Ingin E-Voting Bisa Terlaksana 2019

Pemerintah Ingin E-Voting Bisa Terlaksana 2019

Simulasi Pemilihan E-Voting Sebuah Partai Politik. (Foto: Tri Saputro/VivaNews)
Simulasi Pemilihan E-Voting Sebuah Partai Politik. (Foto: Tri Saputro/VivaNews)

JAKARTA – Wacana yang telah lama digaungkan yakni pemilihan melalui sepertinya tidak akan lama lagi terlaksana. Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memberikan sinyal positif. Menurutnya, e-Voting diharapkan bisa dilaksanakan pada pemilihan umum 2019 nanti. Pasalnya,  BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) sudah bersiap mengawal kegiatan tersebut. Bahkan, sejak bergaungnya wacana ini, BPPT telah dinilai sudah menyiapkan konsep e-Voting.

“Mudah-mudahan Pemilu 2019 sudah e-voting. Kita lihat BPPT sudah siapkan konsep mana yang murah dan bisa tekan angka-angka kecurangan,” ujar Tjahjo saat Silaturahmi dan Sarasehan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), di Jakarta, Jumat (31/7).

Sebelumnya, BPPT memang telah memaparkan teknologi e-voting. Teknologi tersebut diharapkan dapat digunakan dalam proses pemilihan kepala daerah (pilkada) terlebih dahulu.

“Dengan memanfaatkan TIK (teknologi informasi dan komunikasi), BPPT menjanjikan pemilu yang tetap transparan, akuntabel, cepat dan akurat serta efisien. Hal ini sesuai dengan karakteristik utama TIK yang mendukung transparansi, mampu menghilangkan dimensi jarak dan waktu,” kata Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) BPPT, Hammam Riza.

Menurut Hammam, e-voting memiliki sejumlah manfaat di antaranya kecepatan dan akurasi. Pada saat penutupan pemungutan suara, hasilnya dapat langsung tampil pada perangkat, dicetak dan ditandatangani para saksi.

“Kecepatan menghitung dan tabulasi secara otomatis dengan e-voting. Sudah merupakan keniscayaan dan wajib ditetapkan oleh penyelenggara pemilu, sebagai tujuan pemilu dan hasilnya sah sebagai dasar penetapan hasil dan bukan sebagai pembanding seperti sekarang,” pungkasnya

(msa/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular