Friday, February 23, 2024
HomePendidikanMenghadapi Era Digital, Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur Melakukan Pelatihan Microsoft...

Menghadapi Era Digital, Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur Melakukan Pelatihan Microsoft Office Pada Siswa SD dan SMP Surabaya

Tim KKN Mahasiswa UPN sedang memberi pelatihan Microsoft Office ke siswa SD dan SMP di Surabaya (6/12/2023) 

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur terus berperan sebagai agen perubahan dengan meluncurkan mengadakan pelatihan Microsoft Office (6/12/2023) di beberapa sekolah. Inisiatif ini didasarkan pada kesadaran akan pentingnya keterampilan digital, terutama dalam penggunaan perangkat lunak produktivitas seperti Microsoft Office. Mahasiswa KKN menyadari bahwa penguasaan keterampilan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung dalam pendidikan, tetapi juga mempersiapkan generasi muda menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin digital.

Dalam suasana kolaboratif, para mahasiswa KKN memfokuskan upaya mereka pada penguasaan keterampilan digital yang krusial dalam lingkup pendidikan dan pekerjaan. Favian, salah satu mahasiswa KKN mengatakan, tim ini tidak hanya menawarkan pengetahuan teoretis, tetapi juga memberikan wawasan praktis.

“Kami tidak hanya mengajarkan pengetahuan teoritis, namun juga praktis. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa siswa dapat mengaplikasikan langsung keterampilan yang mereka peroleh,” jelas Favian.

Kemudian salah satu peserta, Aisyah Falihah, salah seorang siswa kelas 4 SDN Nginden Jangkungan, mengungkapkan antusiasmenya terhadap pelatihan tersebut. Ia mengungkapan kegembiraannya belajar bersama mahasiswa.

“Saya senang bisa belajar Microsoft Office dari kakak-kakak mahasiswa. Mereka membuatnya menyenangkan dan mudah dimengerti,” ujar Aisyah, panggilan akrabnya.

Untuk diketahui, program pelatihan ini mencakup pemahaman dasar-dasar Microsoft Office, termasuk Excel untuk pengolahan data, Word untuk penyusunan dokumen, dan PowerPoint untuk presentasi. Sesi pelatihan dirancang agar menarik dan dapat diakses oleh siswa SD dan SMP, dengan memberikan contoh kasus dan latihan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Di antaranya SDN Barata Jaya, SD Maryam, SDN Nginden Jangkungan, SD Al Amin, SDI Raden Patah, dan SMPN 39 Surabaya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular