Sunday, July 14, 2024
spot_img
HomeBerita AllKERIS Canangkan Gernas Ekonomi Sirkular Minyak Jelantah Ekonomi Rakyat UMKM, Irjen Pol...

KERIS Canangkan Gernas Ekonomi Sirkular Minyak Jelantah Ekonomi Rakyat UMKM, Irjen Pol Pur Ronny Sompie Akan Safari Ke Polri dan Pemerintah

Ketua Dewan Pembina KERIS, Irjen Pol. (Purn.) Dr. Ronny F. Sompie, SH., MH. (kedua dari kanan) dan Ketua Umum KERIS Ali Mahsun ATMO (ketiga dari kiri) saat prosesi penandatanganan kerjasama antara KERIS dan PT HMS terkait Gerakan Nasional Ekonomi Sirkular Hidup Sehat Ramah Lingkungan Jelantah Ekonomi Rakyat UMKM Indonesia di PG Center’s Jakarta, Rabu (12/6/2024). (foto: keris)

Jakarta, – Komite Ekonomi Rakyat Indonesia (KERIS) melakukan kerjasama dengan PT Hans Mitra Solusindo (HMS) mencanangkan Gerakan Nasional Ekonomi Sirkular Hidup Sehat Ramah Lingkungan Minyak Jelantah Ekonomi Rakyat UMKM Indonesia yang dilaksanakan di PG Center’s, Jakarta, pada Rabu (12/6/2024).

“Kerjasama Komite Ekonomi Rakyat Indonesia dan PT Hans Mitra Solusindo adalah tonggak ekonomi kerakyatan di seluruh Indonesia. Kegiatan ini menghasilkan nilai ekonomis minyak jelantah rakyat, UMKM, industri dan perusahaan sehingga mereka harap dapat mendongkrak kemajuan dan keunggulan ekonomi bangsa Indonesia,” buka Ketua Dewan Pembina (Wanbin) KERIS, Irjen Pol. (Purn.) Dr. Ronny F. Sompie, SH., MH.

“Untuk itu, KERIS akan lakukan safari ke Polri dan Pemerintah untuk menyamakan pandangan perihal nilai tambah ekonomi jelantah, ditampung dan disalurkan bukan untuk tujuan negatif,” imbuh mantan Kadiv Humas Polri, Kapolda Bali dan Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI itu.

“KERIS juga terus kerja, kerja, dan kerja mendorong milenial dan gen Z jadi pengusaha unggul sehingga Indonesia berhasil jemput puncak demografi 2030-2040,” tegas Ronny Sompie.

Dihubungi terpisah, Ketua Umum KERIS dr. Ali Mahsun ATMO M Biomed menegaskan bahwa kesadaran masyarakat, UMKM, industri dan perusahaan untuk berperilaku hidup sehat sangat penting. Ia pun mengingatkan perihal menggoreng tidak lebih 3 kali untuk cegah penyakit degeneratif akibat asam lemak jahat atau tak jenuh.

“Efektifitas tata kelola minyak jelantah harus diefektifkan guna tingkatkan derajad kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup, serta berikan nilai tambah ekonomis bagi rakyat, UMKM juga industri dan perusahaan,” imbuh Ali Mahsun ATMO, Kamis (13/6/2024) dini hari.

Ali Mahsun yang juga merupakan Ketua Umum APKLI-P dan Presiden KAI merasa optimis bahwa Indonesia mampu menjemput puncak demografi 2030 dan transformasi jadi negara maju 2045.

Lanjut, dokter Ahli Kekebalan Tubuh Lulusan FKUB Malang dan FKUI Jakarta itu mengatakan bahwa KERIS juga proaktif menyukseskan Program Makan Bergizi Gratis.

“Kami juga akan segera menyampaikan evaluasi dan rekomendasi solutif permodalan ekonomi rakyat UMKM ke pemerintah RI dibawah kepemimpinan Presiden Jenderal (HOR) TNI Pur. H. Prabowo Subianto guna mendongkrak rasio wirausaha mapan Indonesia dari 3,04% pada 2023 menjadi minimal 10-12% pada 2029, serta pertumbuhan ekonomi 7-8%, PDB naik 3 kali lipat dengan tax ratio 18-20%,” imbuh Ali Mahsun.

Sementara itu, CEO PT HMS H. Hanafi menyampaikan terima kasih atas kesempatan kerjasama dengan KERIS. Ia berkata bahwa kerjasama tersebut maksimalkan potensi ekonomi sirkular minyak jelantah rakyat, UMKM Indonesia.

“Pasar Eropa saja per bulan butuhkan 635 ribu ton,” tegas Hanafi.

Persoalan kesejahteraan rakyat, juga keunggulan ekonomi bangsa Indonesia menjadi tanggung jawab bersama. Hal itu juga disampaikan Ketua Umum Forum Wartawan Jaya – FWJ Indonesia, Mustofa Hadi Karya atau yang biasa disapa Opan Gondrong paska penandatanganan MoU kerjasama KERIS dengan PT HMS.

“Bukan hanya rakyat, pengusaha dan UMKM, akan tetapi kesejahteraan wartawan juga harus diperhatikan. Bagaimana caranya? Dengan adanya program yang dicanangkan KERIS dengan PT HMS kami berharap kedepannya rekan-rekan wartawan bukan hanya mumpuni dalam pemberitaan, akan tetapi juga dapat mengambil bagian di program tersebut,” ucapnya.

Selain itu, di kesempatan yang sama, Opan juga menyampaikan salam khusus dari Ketua Dewan Pembinanya Mayjen TNI Pur Tatang Zainudin kepada Ketua Wanbin KERIS Irjen Pol Pur DR Ronny F Sompie karena ada sesuatu kegiatan lainnya yang tidak dapat ditinggalkan.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir antara lain Ketua Umum APPSINDO, Drs H Hasan Basri SH MH, Ketua Umum Kowantara Mukroni, Ketua Umum HIPWIN dan KUNTARA Rojikin Manggala, Waketum Asprumnas Buchori, Waketum Forbis Jateng dan Jabodetabek Yusroni SH, Sekretaris ABITA Nusantara 86 Petrus, CEO PT Solusi Financial SoFundID Marchel Stephano, Linda Brawijaya InaMIKRO, Direktur Humas GBN – CEO Bisnis Today Suharto, Dami Pamungkas Primnaskop GSN, Desman Ariando KERIS Banten, DPP KERIS dan DPP APKLI Perjuangan beserta jajaran Se-DKI Jakarta, Jabar dan Banten.

Kegiatan ini dilakukan dalam situasi ekonomi rakyat omsetnya turun dampak melemahnya daya beli masyarakat. Komite Ekonomi Rakyat Indonesia (KERIS) merasa optimis mampu dongkrak kemajuan UMKM Indonesia dengan adanya kerjasama dengan PT Hans Mitra Solusindo (HMS) dan canangkan Gerakan Nasional Ekonomi Sirkular Hidup Sehat Ramah Lingkungan Minyak Jelantah Ekonomi Rakyat UMKM Indonesia.

(rils/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular