Wednesday, April 24, 2024
HomeEkonomikaDaerahCegah Peredaran, Polres Salatiga Sosialisasikan Tentang Uang Palsu Pada Pedagang Pasar

Cegah Peredaran, Polres Salatiga Sosialisasikan Tentang Uang Palsu Pada Pedagang Pasar

Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari bersama Pejabat Utama Polres Salatiga saat memberikan sosialisasi langsung terkait peredaran uang palsu di Pasar Raya I Salatiga, Selasa (12/3/2024). (foto: humas polres Salatiga)

Salatiga, – Dalam rangka memantau ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga pada Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi didampingi Wakapolres Kompol Iman Sudiyantoro, S.H, M.H bersama Pejabat Utama Polres Salatiga, melaksanakan pengecekan langsung ke Pasar Raya I Salatiga, Selasa (12/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Salatiga menjalin dialog dengan para pedagang terkait ketersediaan dan juga harga sembako seperti beras, minyak goreng, daging sapi, ayam potong, bawang merah dan bawang putih serta beberapa bahan lainnya.

“Dari hasil pengecekan dan dialogis dengan pedagang untuk harga bahan pokok seperti beras, minyak goreng, ayam potong, bawang merah, cabai dan beberapa komoditi lainnya mengalami kenaikan harga namun ketersediaan tetap mencukupi,” jelas AKBP Aryuni.

Selain memantau ketersediaan stok bahan pokok, Kapolres Salatiga dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan pedagang untuk lebih hati-hati dan waspada terhadap peredaran uang palsu yang memanfaatkan momen Ramadhan.

“Saat melakukan transaksi jual beli harus hati-hati terhadap peredaran uang palsu, pastikan keasliannya dengan cara dilihat, diraba maupun diterawang,” imbuhnya.

Menurut Aryuni, para pelaku kejahatan biasanya memanfaatkan kelengahan pedagang dalam melancarkan aksinya. Saat ramai pembeli sehingga pedagang tidak sempat meneliti uang yang diberikan karena uang palsu dibuat semirip mungkin.

“Sepintas tidak terlihat perbedaannya, namun jika dicermati jelas sekali perbedaan antara uang palsu dan uang asli. Lebih baik teliti dan hati-hati agar tidak merugi,” pesan Aryuni sebelum meninggalkan lokasi Pasar Raya I.

(Alfa/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular