Berita Terpercaya Tajam Terkini

Bangkalan Positif Pasien Covid19, Inilah Hasil Tracingnya

Data Persebaran Covid-19 Kabupaten Bangkalan Madura per Rabu (15/4/2020). (gambar: istimewa)

 

BANGKALAN – Tim Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan kembali merilis hasil tracing pasien positif Covid-19. Melalui petugas Surveilans, tim berhasil mengumpulkan data jumlah orang yang pernah kontak dengan pasien. Ada puluhan hingga ratusan orang yang pernah berkontak langsung dengan empat pasien positif Covid-19.

Keterangan rilis Humas Gugus tugas Covid-19 Bangkalan menyebutkan hasil tracing pasien positif Covid-19 asal kecamatan klampis ditemukan sebanyak 36 orang yang pernah berkontak langsung. 19 orang sudah dilakukan rapid test dan hasilnya negatif. Tetapi Satu diantaranya dinyatakan positif setelah rapid test. Usianya delapan tahun. Sedangkan sisanya yakni 17 orang akan dilakukan rapid test tahap berikutnya.

Pasien yang berprofesi sebagai dokter tersebut bertugas di RSUD dan salah satu RS Umum di Bangkalan. Setelah melakukan tracing di Klampis, petugas melanjutkan penelusuran di RS Umum. Hasilnya, tercatat 25 orang yang pernah kontak langsung dengan pasien. Rencananya akan dilakukan rapid tes pada Hari Rabu 15 April 2020. Sedangkan rapid tes yang telah dilakukan terhadap tiga orang perawat dan satu orang petugas satpam hasilnya negatif.

Penelusuran selanjutnya di RSUD Bangkalan. Tercatat 165 orang yang kontak langsung dengan pasien. Setelah dilakukan rapid test, ditemukan satu orang tenaga kesehatan positif dan sedang menunggu hasil swap/PCR dari BBPTK-PP Surabaya. Sedangkan sisanya hasil tesnya negatif.

Sementara itu, hasil tracing pasien asal Kecamatan Bangkalan ditemukan 12 orang yang terdiri dari tujuh orang tinggal di Socah dan lima orang tinggal di Kota Bangkalan. Setelah dilakukan rapid tes hasil semuanya negatif. 12 orang tersebut kini diwajibkan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Selain itu tercatat 20 orang tenaga medis yang pernah kontak langsung dengan pasien akan dilakukan rapid tes pada hari ini, Rabu (15/4/2020).

“Perkembangan kondisi pasien membaik, selang infus sudah dilepas serta dalam masa tunggu hasil swab/PCR kedua dari BBPTK-PP Surabaya,” terang Humas Gugus Tugas Covid-19 Agus Sugianto Zein, Rabu (15/4/2020).

Begitu juga Untuk perkembangan pasien asal Blega telah didapat hasil swab/PCR kedua dari BBPTK-PP Surabaya dengan hasil negatif. Selanjutnya hasil tersebut masih diujikan lagi ke Laboratorium Litbangkes Jakarta dan sedang menunggu hasil.

(yus/igo)

Comments are closed.