Wednesday, May 22, 2024
HomeInternasionalAngkatan Laut Indonesia Amankan Kapal Imigran Asal Somalia

Angkatan Laut Indonesia Amankan Kapal Imigran Asal Somalia

 
Armada TNI AL
Armada TNI AL
JAKARTA – Kepala Dispenarmabar Letkol (Laut) Ariris Miftachurrahman mengatakan bahwa hari ini, Jumat (26/6), Patroli Keamanan Laut (Patkamla) II-I-47/SSG Pangkalan Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan sebagai salah satu pangkalan di bawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat menangkap kapal jenis pompong tanpa nama yang mengangkut imigran gelap asal Somalia di Perairan Tanjung Jumpul, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.
Ariris menjelaskan kapal pembawa imigran gelap tersebut berhasil diamankan saat Patkamla II-I-47/SSG melakukan patroli rutin.
“Ketika mereka tengah berpatroli di daerah sekitar 6 mil dari Kuala Bagan Asahan, pada posisi 03. 02. 923 Lintang Utara dan 099. 53. 637 Bujur Timur terlihat secara visual kapal yang gerak geriknya mencurigakan. Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui kapal tersebut ternyata mengangkut 12 orang imigran gelap asal Somalia dan 5 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal,” ujar Ariris melalui keterangan pers pada wartawan.
Menurut Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Edward H Sibuea, kapal tersebut diduga berangkat dari Malaysia dan berlayar sampai di perairan perbatasan Indonesia dan Malaysia.
“Diduga para penumpang berasal dari Malaysia yang kemudian ditransfer ke kapal ikan dan berlayar menuju Tanjung Balai Asahan. Saat tiba di sekitar Perairan Tanjung Jumpul, mereka berhasil diamakan oleh Patkamla II-I-47/SSG,” terang Erdward.
Selanjutnya untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut, kapal jenis pompong itu akan diamankan di Posal Bagan Asahan, Sumatera Utara. (msa/bti)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular